NASIONAL

Presiden Joko Widodo Revitalisasi Lahan Kritis Waduk Gajah Mungkur

EkbisNews.com, WonogiriPresiden Joko Widodo bersama Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya, Sabtu (15/2) melakukan kunjungan ke Wonogiri, Jawa Tengah. Presiden bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo berkunjung ke Desa Jatisari, Kecamatan Jatisrono, Kabupaten Wonogiri

Presiden Joko Widodo mengunjungi Desa Jatisari untuk bersama-sama masyarakat melakukan rehabilitasi lahan dengan penanaman pohon dan tanaman vetiver guna mengatasi sedimentasi dam (waduk) Gajah Mungkur. Penanaman dilakukan dengan pola agroforestri bersama masyarakat pada lahan seluas sekitar 2,5 hektar di lokasi dengan tingkat erosi tebing yang tinggi dan masif. Presiden juga meresmikan kebun bibit desa (KBD) di desa tersebut.

Lihat Juga  Dari Metalurgi Muntok PT Timah Raih Proper Emas 2021

Program penghijauan Desa Jatisari, Kabupaten Wonogiri memiliki keterkaitan dengan penanganan holistik sedimentasi waduk Gajah Mungkur berbasis lahan.

FOTO : FB MENTERI LHK

Presiden mengingatkan agar penanaman jutaan tanaman juga harus dilakukan di sekitar waduk di seluruh Indonesia agar tidak muncul masalah sedimen di sekitarnya.

Sementara itu penanganan erosi dan sedimentasi di bagian hulu DAS (daerah alirsan sungai) oleh Kementeran LHK menjadi program terintegrasi dengan edukasi masyarakat dalam pemanfaatan dan pengelolaan lahan. “Upaya tersebut akan dilakukan secara terus menerus dan terprogram sebagai perwujudan menjaga tapak, merawat peradaban” kata Menteri LHK Siti Nurbaya.

Lihat Juga  89,8 Persen Upah Jurnalis Palembang di Bawah Standar Layak

Sementara itu pembangunan Kebun Bibit Desa (KBD) dan rehabilitasi lahan dengan skema agroforestri dikembangkan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dengan melibatkan kelompok tani dan kelompok masyarakat.

Menurut Menteri Siti Nurbaya, melalui kegiatan ini selain dapat diperoleh manfaat pemulihan, juga dapat memberikan nilai ekonomis kepada masyarakat melalui jenis-jenis bibit yang diproduksi.

Editor : Maspril Aries

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button