LifeStyle

Perpustakaan Desa Bukit Jaya Muba Raih Juara Nasional 2020

EkbisNews.com, Sekayu – Upaya Bunda Baca Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) Thia Yufada mendorong gerakan literasi di daerahnya berbuah manis. Setelah lolos mewakili Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) sebagai perpustakaan desa terbaik dan maju ke Lomba Perpustakaan Umum Terbaik Desa/Kelurahan Tahun 2020 berhasil meraih prestasi di tingkat nasional.

Pada pengumuman pemenang Lomba Perpustakaan Umum Terbaik Desa/Kelurahan Tahun 2020 secara virtual, Selasa (20/10) Perpustakaan Bukit Jaya Kecamatan Sungai Lilin berhasil meraih juara 2 pada Cluster B Tingkat Nasional.

Atas prestasi tersebut Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza Alex mengucapkan selamat kepada perpustakaan Desa Bukit Jaya Kecamatan Sungai Lilin. Menurut Dodi, prestasi yang diraih Perpustakaan Bukit Jaya membuat bangga banyak pihak.

“Ini juga sebuah bukti meskipun masih dalam pandemi Covid-19 dengan banyaknya keterbatasan dalam kegiatan, namun kinerja di lingkungan Pemkab Muba dan OPD yang terkait tetap berjalan dengan baik dan menghasilkan prestasi,” katanya.

Menurut Bupati Dodi Reza Alex, “Perpustakaan Desa Bukit Jaya semoga dapat menjadi contoh dan motivasi bagi desa-desa lainnya di Muba. Juga dapat menambah minat baca bagi masyarakat setempat khususnya bagi para pelajar dan anak-anak, yang berpengetahuan, inovatif, kreatif dan berkarakter,” ujarnya.

Lihat Juga  Mewaspadai “Perselingkuhan Politik” pada Pilkada Serentak

Bupati Muba mengingatkan bahwa perpustakaan desa memiliki peran yang sangat strategis dalam mencerdaskan kehidupan masyarakat. Terutama masyarakat desa yang ada di sekitar perpustakaan dan masyarakat luas pada umumnya.

“Menggerakkan kegiatan gemar membaca terutama untuk anak-anak yang ada di zaman saat ini yang serba elektronik, menjadi sangat penting bagi kita untuk memperhatikan agar minat baca dari anak-anak tersebut tetap terjaga,” pesannya.

Sementara itu bunda baca Muba Thia Yufada Dodi Reza mengatakan, “Keberhasilan ini akan menjadi pemacu semangat kita dan motivasi bagi desa-desa lainnya di Muba. Saya ucapkan selamat kepada Perpustakaan Desa Bukit Jaya, Kecamatan Sungai Lilin yang meraih Juara 2 pada Klaster B Tingkat Nasional Lomba Perpustakaan Desa/Kelurahan tahun 2020,” katanya.

“Saya juga ingin sampaikan selamat kepada pihak-pihak yang tekun mendampingi, mendukung dan membantu selama persiapan dan pelaksanaan lomba,” kata mantan host sebuah stasiun televisi swasta nasional.

Menurut Thia Yufada, upaya Pemerintah Kabupaten Muba meningkatkan literasi masyarakat di pedesaan, sedikit demi sedikit telah menunjukkan hasil. Salah satunya adalah keberhasilan yang telah diraih oleh Perpustakaan Desa Bukit Jaya Kecamatan Sungai Lilin saat ini.

Lihat Juga  Gambir dan Pinang Jadi Ekonomi Kreatif From Muba

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Muba Yohanes Yubhar menjelaskan, secara virtual telah didengar langsung pengumuman pemenang Lomba Perpustakaan Umum Terbaik Desa/Kelurahan Tahun 2020. “Perpustakaan Desa Bukit Jaya mendapatkan Juara 2 pada Klaster B di Tingkat Nasional dengan memperoleh nilai sebesar 588 yang hanya terpaut 3 poin dengan Juara 1 dari Sulawesi,” katanya.

“Kami mengucapkan terima kepada Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin khususnya Bupati Muba Dodi Reza Alex dan Bunda Baca Muba Thia Yufada Dodi Reza yang yang telah mendukung dan Gubernur Sumsel melalui Dinas Perpustakaan Provinsi Sumsel yang telah banyak memberikan bantuan untuk keperluan Perpustakaan Desa Bukit Jaya,” ujar Yohanes Yubhar.

Juhari selaku Kepala Desa Bukit Jaya mengaku merasa sangat senang dan bersyukur atas kemenangan yang diraih Perpustakaan Desa Bukit Jaya “Prestasi ini menjadi tujuan kita bersama agar Perpustakaan Desa Bukit Jaya dapat menjadi contoh dan motivasi bagi desa lainnya,” katanya.

Editor : Maspril Aries

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button