Uncategorized

Percepatan Peningkatan Ekonomi Rakyat Melalui UMKM Di Sumsel

EkbisNews.com, Palembang  —  Kepala Biro Ekonomi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan, Afrian Joni, MM, mengemukakan bahwa Pemprov  akan menggelar  Program Sinergi dan Sosialisasi KUR bagi 1.000 UMKM yang ada di Sumsel.

Dalam kesempatan yang direncanakan dilakukan Kamis 12 September 2019 itu juga akan dilakukan kegiatan Bussiness Matching  dalam rangka Percepatan Penyaluran Kredit Usaha  Rakyat (KUR) 2019.

”Kita berharap kegiatan ini sebagai momentum percepatan pertumbuhan ekonomi di tingkat masyarakat, terutama sektor menengah ke bawah,”ujar Afrian Joni, dalam rapat kegiatan ini kemarin.

Gubernur Sumsel, H. Herman Deru juga direncanakan akan melakukan penandatangan nota kesepahaman bersama perbankan penyalur KUR kepada 1.000 UKMK dan Unit Usaha Migro . Kegiatan ini dipercaya dapat berusaha meningkatkan tingkat perekonomian sektor UMKM dan Migro Kecil.

Lihat Juga  Pemisahan Ditjen Pajak dan Kemenkeu Segera Dituntaskan

Di paparkan, bahwa ini digelar dalam memantapkan visi misi Sumsel Maju Untuk Semua 2018-2023. Misi 1, lah membngun Sumsel berbasis ekonomi kerakyatan, yang didukung sektor pertanian, industri dan UMKM yang tangguh untuk mengatasi pengangguran dan kemiskinan baik di perkotaan maupun di pedesaan.

Afrian Joni mengatakan, dalam visi misi Sumsel juga diharapkan adanya usaha-usaha yang meningkatkan  SD, pendidikan, profesionalisme dan menjungjung tinggi  nilai-nilai keimnan, ketaqwaan, kejujuran dan integritas.

Hingga saat ini dilaporkan, bahwa dari 10 Perbankan di Sumsel telah menjalankan KUR hingga Rp 1,65 Triliun dengan jumlah debitur  43.568 unit. Komposisi KUR trbsr pda jenis  kecil mencapai 53,52% dan KUR Mikro 6,2% n KUR kpda TKI mencapai 0,15%. Data Pemerintah Sumsel Juni 2019 ini menyebutkan  rasio NPL KUR terjaga pada 0,01%.

Lihat Juga  Bank Indonesia Dorong Kopi Sumsel Go Internasional

Paa saat yang sama di Kamis 12 September 2019 ini, direncanakan Ketua Pembina Leanpuri Foundation, Hj. Percha Lenpuri, MBA, akan tampil menjadi pembicara seusai dibuka oleh Gubernur Sumsel Herman Deru.

Dirncankan ada sejumlah pembicaraan dengan mengetengahkan usaha-usaha percepatan pembngunn konomi sktoir KUR n Migro kecil. Agar  UMKM dapat  memiliki sikap profsional dalam manajemen pemasaran dan produksi.

Editor: Bangun Lubis

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button