Bisnis

Pengembangan Hilirisasi, Antam Gandeng Dua Industri Cina

EkbisNews.com, Jakarta – PT Aneka Tambang Tbk gandeng dua perusahaan asal Cina yang sudah melakukan banyak proyek hilirisasi. Dengan menggaet perusahaan tersebut, harapannya proyek-proyek hilirisasi Antam bisa lebih optimal.

Direktur Utama Aneka Tambang Arie Prabowo Ariotedjo mengatakan akan meneken head of agreement (HoA) dengan Shandong Xinhai, produsen feronikel terbesar di Cina. Rencananya, perusahaan tersebut bersama Antam akan menggarap proyek nikel di Pulau Gag, Papua.

“Setelah Lebaran semoga kami sudah bisa HoA, lalu tida bulan setelahnya kami ada rencana untuk membuat joint venture agreement,” ujar Arie di Patio Venue, Senin (20/5) malam. dikutip dari republika.co (21/5)

Lihat Juga  Sukamakmur Desa Binaan Medco E&P Raih Penghargaan Proklim

Ia menjelaskan kapasitas produksi proyek ini akan bisa menampung 40 ribu ton feronikel dan 600 ribu ton stainless steel. Proyek ini ditaksir akan menghasilkan investasi sebesar 1,2 miliar dolar AS.

Selain dengan Shandong Xinhai, Arie menjelaskan perusahaan juga menggaet Zhejiang Huayou Cobalt Company. Perseroan berencana membangun pabrik yang memproses nikel menjadi katoda untuk bahan baku baterai.

Arie menjelaskan Antam akan mengerjakan proyek senilai 12 miliar dolar AS ini juga bersama dengan induk holding, PT Indonesia Asahan Alumina (Inalum). “Nantinya juga akan ada JV bersama dengan Inalum juga. Untuk kapasitas produksi masih akan kita bahas lebih lanjut. Tapi investasi sekitar 6 sampai 12 miliar dolar AS,” tambah Arie.

Lihat Juga  Pemerintah Dorong Optimasi Ekonomi Digital

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button