NASIONAL

Pemkab Muba Sisir 30 Persen Anggaran Belum Terealisasi

Musrenbang Muba 2021 dengan Empat Prioritas

EkbisNews.com, Sekayu – Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), Senin (30/3) menyelenggarakan Musrenbang (Musyawarah Rencana Pembangunan) RKPD Kabupaten Muba Tahun 2021. Musrenbang yang berlangsung di Auditorium Pemkab Muba dibuka langsung Bupati Muba Dodi Reza Alex.

Dalam siaran pers Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Muba, Bupati Dodi Reza Alex dalam sambutannya menyampaikan, Pemkab Muba akan menyusun ulang APBD 2020 untuk memperkuat ketahanan ekonomi pada masyarakat, terutama menyisir 30 persen anggaran yang belum terealisasi, seperti dari honorarium, perjalanan dinas dan pengadaan.

Bupati Dodi juga menegaskan, pada tahun anggaran 2021 akan melakukan percepatan pengurangan kemiskinan akan dilakukan melalui hilirisasi industri dan inovasi.

Lihat Juga  Dari Aceh Terbang ke Babel Mendarat di Muba

Sementara Kepala Bappeda Muba Zulfakar menyampaikan bahwa pelaksanaan Musrenbang 2021 tersebut merupakan salah satu tahapan dalam Perencanaan Pembangunan Daerah sesuai Peraturan Menteri Dalam Negeri No 86 Tahun 2017.

Menurut Zulfakar, ada empat prioritas pembangunan daerah pada tahun mendatang, diantaranya peningkatan kualitas sumber daya manusia, penguatan daya saing melalui inovasi dan hilirisasi industri untuk meningkatkan nilai tambah ekonomi, selanjutnya peningkatan konektivitas, infrastruktur dasar dan kualitas lingkungan.

Zulfakar menjelaskan, berkaitan dengan pandemi Covid-19 di Indonesia, Mendagri telah mengeluarkan surat edaran Nomor 440/2552/SJ tahun 23 Maret 2020 tentang Pelaksanaan Musrenbang RKPD Provinsi dan Kabupaten/Kota Tahun 2021.

Lihat Juga  Gelar Demonstrasi, Ratusan Driver Gojek Tuntut Bos TAXI Malaysia Dihukum

“Dalam surat tersebut Mendagri menyebutkan pelaksanaan Musrenbang RKPD di kabupaten agar menyesuaikan situasi dan kondisi saat ini, dan tetap mengusahakan penandatanganan berita acara kesepakatan terhadap substansi rancangan RKPD tahun 2021,” katanya.

Editor : Maspril Aries

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button