LifeStyle

Pemkab Muba Pasang Wi-Fi Gratis Untuk PJJ

EkbisNews.com, Sekayu – Mengatasi masalah kuota dan jaringan internet yang kerap menghambat siswa dalam mengikuti Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di masa pandemi Covid-19, Bupati Musi Banyuasin (Muba) Dodi Reza Alex menginstruksikan Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) memasang fasilitas Wi-Fi untuk internet gratis di sejumlah area publik.

“Manfaat Wi-Fi gratis ini akan dirasakan oleh masyarakat dari berbagai kalangan saat kita masih dihadapkan pada masa Pandemi Covid-19. Keberadaan Wi-Fi dapat menunjang secara maksimal pembelajaran peserta didik untuk mengikuti Pembelajaran Jarak Jauh yang saat ini menggunakan sistem online,” kata Bupati Dodi Reza Alex, Rabu (12/8).

Menurutnya, pemasangan Wi-Fi tersebut  untuk memudahkan masyarakat mengakses internet secara gratis di tempat-tempat yang akan disebar titik pemasangannya di kota Sekayu. Sebagai salah satu kota yang perkembangannya sangat pesat, kota ini merupakan wilayah yang sangat strategis dalam pengembangan jaringan teknologi informasi.

Dodi menjelaskan, Wi-Fi gratis pemasangannya akan ditempatkan di area publik kota Sekayu, antara lain Lapangan Gelanggang Remaja, Taman Agro Bisnis Sekayu, Sekayu Water Front, Taman depan Rumah Bupati, Wisma Atlet dan akan  segera menyusul pada lokasi-lokasi pasar atau terminal Sekayu, Mesjid Jami’ An-Nur, Gedung Rumah Pintar, Stadion Ranggonang serta Taman Permata Sekayu

Lihat Juga  Jurnalisme Sastra dan Anto Narasoma

“Titik-titik tersebut akan dipasang Wi-Fi untuk tahap pertama, selanjutnya juga akan menyisir daerah pelosok untuk pemasangan WiFi gratis. Wi-Fi gratis ini juga ditujukan kepada masyarakat dalam menunjang pelayanan publik demi terwujudnya Smart Regency,” kata bupati peraih gelar doktor dari Fisip Universitas Padjadjaran (Unpad).

Pemasangan Wi-Fi dan internet gratis tersebut menurut Dodi untuk memenuhi permintaan orang tua siswa yang mengeluhkan terkendala kuota internat dan jaringan dalam mengikuti Pembelajaran Jarak Jauh, karena harus mempersiapkan dana yang ekstra untuk pembelian kuota internet.

“Dengan keradaan Wi-Fi gratis yang disiapkan Dinas Kominfo maka siswa dan orangtua tidak perlu lagi repot-repot beli kuota internet. Cukup datang ke sejumlah titik-titik Wi-Fi gratis tersebut sudah bisa menikmati internet gratis,” ujar Bupati Muba.

Untuk memanfaatkan fasilitas Wi-Fi gratis tersebut Bupati Muba memperingatkan kepada para pelajar dan masyarakat pada saat memanfaatkannya s WiFi gratis di area publik tersebut harus tetap mematuhi protokol kesehatan dan memakai masker. “Jangan berkerumun, pakai makser dan pastikan kondisi tubuh dalam keadaan sehat,” pesannya.

Lihat Juga  kreativitas Semen Gresik Ajak Milenial Cinta Batik Lokal

Sementara itu menurut Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Muba Herryandi Sinulingga AP, internet telah menjadi membuat kebutuhan masyarakat terhadap informasi, pada masa pandemi ini semakin meningkat.

“Selain itu Wi-Fi gratis ini juga ditujukan bagi siswa-siswi yang belajar dengan Pembelajaran Jarak Jauh atau online sehingga dapat mengurangi penggunaan dana untuk pembelian paket kuota internet,” ujarnya.

Selain pemasangan Wi-Fi gratis, Dinas Kominfo Kabupaten Muba juga akan memfasilitasi dan mendukung penginstalan perangkat-perangkat pendukung.

“Jadi untuk mendapatkan akses Wi-Fi gratis, caranya masuk ke menu Wi-Fi gratis pada masing-masing lokasi titik Wi-Fi ini. Selanjutnya calon pemakai dapat mengisi kuisioner yang telah disiapkan,” kata Sinulingga.

Dinas Kominfo Muba mempersiapkan jaringan internet gratis tersebut  dengan kecepatan 5 Mbps.  “Program gerakan Wi-Fi gratis ini diharapkan menjadi trade mark bagi masyarakat di kota Sekayu dengan mengedepankan internet cerdas, sehat dan positif  terbebas dari konten-konten negatif yang dapat merusak moral generasi muda. Dinas Kominfo selalu melakukan pengawasan dan monitoring terhadap penyedia dan pengguna akses internet gratis ini,” ujarnya.

Editor : Maspril Aries

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button