NASIONAL

Pemkab dan Baznas Muba Bantu Warga Terdampak Covid-19

EkbisNews.com, Sekayu – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) berbagi kepedulian dengan menyalurkan bantuan bagi warga Muba yang terdampak penyebaran Covid-19.

Baznas Muba bersama Pemkab Muba, Jumat (17/4) menyalurkan bantuan paket sembako dan nasi kotak kepada masyarakat terdampak atau fakir miskin pada beberapa kecamatan di daerah itu.

Dalam siaran pers Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Muba, Ketua Baznas Muba Lukmanul Hakim menyatakan, Baznas turut prihatin dengan adanya pandemi virus Corona yang menyebar saat ini. “Hari ini Baznas menyalurkan bantuan yang tidak seberapa namun kami harap bisa membantu Pemkab Muba untuk sama-sama berkontribusi dalam upaya penanggulangan warga terdampak Covid-19 di Muba,” katanya.

Baznas Muba dengan dibantu Relawan Covid 19, aparat kecamatan, PMI, Pramuka dan Satpol-PP telah melakukan pembagian 50 paket sembako di Kecamatan Plakat Tinggi dan 250 paket untuk Kecamatan Sekayu.

Lihat Juga  PTBA Bantu Fasilitas Kesehatan untuk Tiga Puskesmas

“Rencananya total paket bantuan yang akan disalurkan sebanyak 900 paket untuk 14 kecamatan di Muba. Khusus di Kecamatan Lalan ada 50 paket diberikan dalam bentuk uang tunai senilai Rp 200.000. Mudah-mudahan kegiatan ini bisa membantu pemerintah kabupaten Muba dalam menangani dampak pandemi virus Corona,” ujar Lukmanul Hakim.

Sementara itu menurut Camat Plakat Tinggi Alpan Husin, warga di kecamatannya menyambut baik dukungan dan kepedulian Baznas Muba. “Saya Camat Plakat Tinggi mengucapkan terima kasih banyak atas kerja sama dari Baznas yang sudah berinisiatif memberikan bantuan kepada warga yang terdampak penyebaran Covid-19.”

Di Kecamatan Plakat Tinggi, Baznas juga membagikan 250 nasi bungkus untuk warga Desa Bukit Indah.

Di Kecamatan Sekayu, Baznas Muba juga menyalurkan bantuan 2.000 masker kain produksi penjahit lokal kota Sekayu bagi masyarakat pengendara roda dua dan roda empat.

Lihat Juga  Menteri ESDM Akan Bantu Percepatan Pembangunan Pabrik IPO-CPO di Muba

Menurut Camat Sekayu Marko Susanto, di Sekyu juga sudah berdiri dapur umum. “Mulai hari ini sampai sepekan ke depan dapur umum Kecamatan Sekayu akan membagikan 300-500 bungkus nasi kepada masyarakat yang terdampak Covid 19,” ujarnya.

Di Kecamatan Babat Toman menurut Camat Muhammad Aswin juga telah mendirikan dapur umum dengan menggunakan Balai Pertemuan UPT Dikbud. “Dapur umum ini kami fokuskan untuk membantu tukang ojek, becak dan bentor di Kelurahan Babat Toman sebanyak 200 kotak. Dapur umum akan beroperasi selama tujuh hari ke depan sampai 24 April 2020 atau bulan Ramadhan. Semoga kegiatan ini dapat meringankan beban masyarakat,” katanya.

Editor : Maspril Aries

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button