NASIONAL

Pahlawan Pemilu 2019, KPU: 54 KPPS Meninggal, 32 Sakit

EkbisNews.com – KPU menyebut total ada 54 petugas KPPS atau Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara yang meninggal dunia pada saat penyelenggaraan Pemilu 2019. Jumlah itu didapat KPU berdasarkan data yang dikumpulkan hingga 21 April kemarin.

“Ada sebanyak 86 petugas yang mengalami musibah, yang meninggal dunia ada 54 orang dan sakit 32 orang,” ujar Viryan sebagai Komisioner  KPU ketika dikonfirmasi wartawan,  Senin (22/4).

“Data terus kami update, sebagian besar penyebab musibah yang dialami petugas karena kelelahan dan kecelakaan. Datanya sangat mungkin masih bertambah karena sekarang masih proses rekap suara di kecamatan sedang berlangsung, KPPS, PPS dan PPK terus merekap suara,” jelas Viryan.

Lihat Juga  Keluarga Besar KHO Gadjahnata Bantu APD Covid-19

KPU turut berdukacita kepada KPPS dan keluarga KPPS.  Menurut Viryan, para KPPS yang meninggal adalah pahlawan Pemilu 2019.  “Sedih sekali melihat teman-teman kami berguguran. Mereka pahlawan pemilu Indonesia 2019,” tegasnya. Dikutip dari Republika.co (22/4)

KPU berharap, ada layanan kesehatan gratis dari Kementerian Kesehatan melalui Dinas Kesehatan dan Pemda setempat untuk penyelenggara pemilu baik KPPS,  PPS,  PPK,  pengawas TPS,  PPL dan Panwascam hingga para saksi.

 

Editor : Handoko Suprianto

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button