NASIONAL

Musi Banyuasin Jajaki Sister City dengan Az-Zawaida, Palestina

EkbisNews.com, Sekayu — Bupati Musi Banyuasin (Muba) Dodi Reza Alex Noerdin, Rabu (28/9) kedatangan tamu terhormat Wali Kota Az-Zawaida, Palestina Ayman Sulaiman Salam Abu Sweireh. Kedatangan tamu jauh tersebut disambut bersama para pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Muba.

Wali Kota Ayman Sulaiman yang datang untuk mencari dukungan dan bantuan kemanusian bagi warga Palestina tersebut dalam pembicaraan dengan Bupati Dodi Reza Alex bersepakt untuk menjalin kerja sama yang lebih luas antara Muba dengan Az-Zawaida sebagai sister city dengan kota yang terletak di wilayah Gaza tersebut.

Sebagai awal dari kerja sama Sister City tersebut menurut Bupati Muba Dodi Reza Alex, dirinya akan menuju Gaza untuk menyerahkan langsung bantuan kemanusiaan bagi saudara-saudara Muslim di Palestina. “Kami sepakat membuka dialog lebih luas dari sudut kemanusiaan, pendidikan hingga kesehatan,” kata Dodi Reza Alex.

Lihat Juga  Semen Baturaja dan FT Unila Jalin Kerjasama Penelitian Industri Semen

Sementara itu, Walikota Al-Zawaida Gaza Palestina Ayman Sulaiman Salam Abu Sweireh mengaku merasa sangat terhormat dan takjub dengan penyambutan Bupati Muba Dodi Reza Alex.

“Saya mewakili warga Gaza sangat kagum dan takjub dengan kepedulian Bupati Muba Dodi Reza, dia saudara kami sangat peduli dengan apa yang kami hadapi saat ini,” katanya.

Mengutip Wikipedia, Az-Zawaida terletak di teritori negara Palestina adalah kota di Kegubenuran Deir al-Balah berjarak sekitar tiga kilometer di timur laut kota Deir al-Balah dan tepat di sebelah barat kamp pengungsi Maghazi. Menurut perkiraan Badan Pusat Statistik Palestina (PCBS) 2014, penduduknya berjumlah 20.000 jiwa. Az-Zawaida adalah kota atau Municipalities (Kotamadya) yang memiliki luas yuridiksi 15,3 km2.

Lihat Juga  Ibu Negara Sosialisasi Kesehatan Hingga Bahaya Narkoba di Palembang

Sebelum dengan Kota Az-Zawaida, Bupati Dodi Reza Alex telah menjajaki sister city dengan Houston, Amerika Serikat. Dodi Reza Alex pada Mei lalu telah berkunjung ke Houston, Texas dan menjadi pembicara pada Indonesia – USA Renewable Energy Business Forum.

Editor : Maspril Aries

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button