NASIONAL

Muba Tambah Anggaran Penanggulangan Karhutla Rp24,5 Miliar

EkbisNews.com, Sekayu — Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) masih terjadi pada beberapa daerah di Sumatera Selatan (Sumsel). Di Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) Bupati Dodi Reza Alex bersama TNI, Polri dan BPBD makin gencar meminimalisir karhutla di daerah itu.

Selasa (15/10), Bupati Muba bersama Dandim 0401 Muba Letkol Arm M Saufudin Khoiruzzamani dan Kapolres Muba AKBP Yudhi Surya Markus Pinem kembali melakukan pemantauan lewat udara. Bupati juga melakukan peninjauan pemadaman karhutla di Desa Muara Medak Kecamatan Bayung Lencir.

Dalam siaran pers Humas Pemkab Muba menjelaskan, selain upaya pemadaman karhutla dari darat dan udara, Pemkab Muba juga mengalokasi penambahan anggaran untuk pencegahan dan pemadaman karhutla. “Pemkab menambah anggaran Rp15 miliar untuk pengadaan alat berat dan sarana dan prasarana pengendalian karhutla seperti Fire Jeep, Excavator, Pompa, Jet sprayer. Sebesar Rp9,5 miliar untuk pencegahan dan pengendalian Karhutla,” kata Bupati Dodi Reza Alex.

Lihat Juga  OJK Prediksi Tahun 2020 Kredit Tumbuh 14 persen

Bupati Muba juga menginstruksikan seluruh Kepala OPD (Organisasi perangkat Dinas) memiliki tugas dan tanggung jawab wilayah dalam rangka pencegahan dan pengendalian karhutlah. “Mereka ini harus selalu siap dalam penangan karhutla bersama tim,” ujarnya.

Dodi juga mengimbau warga untuk melaksanakan shalat istiqa meminta turunnya hujan kepada Allah SWT. “Mari seluruh kecamatan dan pondok pesantren di Muba pada Jumat, 18 Oktober nanti melaksanakan sholat istisqa bersama-sama,” kata Bupati yang tengah bersiap mempertahankan disertasinya untuk ujian terbuka meraih gelar doktor di Universitas Padjadjaran.

Lihat Juga  Bupati Muba Bantu Veteran dan Janda Veteran Rp1.800.000/ Orang

Editor : Maspril Aries

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button