NASIONAL

Muba Segera Realisasikan Program JPS Warga Terdampak Covid-19

EkbisNews.com, Sekayu – Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza Alex menyadari bahwa pandemi Covid-19 tidak hanya berdampak pada kesehatan saja namun juga berimbas pada masalah sosial. Selain mempersiapkan penanganan dari aspek ksehatan dan medis, juga segera merealisasikan program Jaring Pengaman Sosial (JPS).

Dalam siaran pers Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Muba, Bupati Dodi Reza Alex menginstrusikan kepada organisasi perangkat daerah (OPD) terkait, para Camat dan Kepala Desa untuk segera mempersiapkan mekanisme penyaluran program Jaring Pengaman sosial (JPS) di wilayahnya masing-masing guna mempercepat langkah dalam meminimalisir dampak secara ekonomi akibat pandemi virus Corona (Covid-19).

“Terkait hal-hal yang harus dipersiapkan dalam penyediaan JPS ini merupakan bagian dari percepatan relokasi anggaran kegiatan tertentu atau refocusing, dan atau perubahan alokasi anggaran yang digunakan secara memadai dalam percepatan penanganan Covid-19 di lingkungan Pemerintah Daerah kabupaten Musi Banyuasin,” katanya pada rapat besar Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Kabupaten Muba, Selasa (14/4).

Lihat Juga  Sembilan Bendungan 2019 akan Dilelang

“Saya minta OPD terkait bersama seluruh Camat dan Kepala Desa agar penyaluran bantuan ini segera terealisasi. Dengan demikian bantuan sosial untuk masyarakat Muba yang membutuhkan akan terpenuhi,” ujarnya.

Bupati Muba juga menginstruksikan jajaran Pemkab Muba untuk mendata warga masyarakat, untuk mendapatkan bantuan tunai dan non tunai untuk meringankan beban masyarakat selama pandemi Covid-19.

Kepada Dinas Sosial, Bupati Muba menginstruksikan Jaring Pengaman Sosial ini segera diluncurkan. “JPS sudah ditunggu masyarakat yang terdampak secara ekonomi. Untuk itu regulasi, persiapan, pelaksanaan, mekanisme penyaluran dan lainnya untuk dilakukan dengan sebaik- baiknya dan segera,” pesanya.

Lihat Juga  Herman Deru : Sumsel Siap Jadi Tuan Rumah Kejurnas Bulutangkis

Kepada Kepala Disperindag Muba, Bupati Muba menginstruksikan memastikan ketersediaan bahan baku diantaranya harga bahan pokok dan kebutuhan masyarakat sehingga tidak timbul permasalahan baru pada masyarakat.

Dalam keadaan abnormal seperti ini, saya minta kepala Disperindag pastikan betul harga bahan pokok dan kebutuhan masyarakat di Muba dalam situasi yang masih terjangkau,” katanya.

FOTO : Dinas Kominfo Muba

Bantuan Sinar Mas

Pada rapat yang dihadiri Wakil Ketua DPRD Muba Irwin Zulyani, Dandim 0401 Muba Letkol Arm Muhammad Saiffudin Khoiruzzamani, Kapolres Muba AKBP Yudi Surya Markus Pinem, Kajari Muba Suyanto, Sekretaris Daerah Muba Apriyadi, Bupati Muba Dodi Reza Alex menerima bantuan baju APD dan masker untuk tenaga kesehatan dari PT Sinar Mas.

Editor : Maspril Aries

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button