LifeStyle

Muba Raih Dua Gelar Juara API Award 2020

Unggul dari Enam Kabupaten dan Kota di Sumsel

EkbisNews.com, Labuhan Bajo – Dua even pariwisata dari Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) berhasil meraih gelar juara pertama pada even bergengsi Anugerah Pesona Indonesia (API) ke-5 tahun 2020 yang berlangsung di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT). Penghargaan tersebut langsung diterima Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Dispopar) Muba Muhammad Fariz.

Dari 18 kategori yang dilombakan, Kabupaten Muba berhasil meraih gerlar juara pertama pada kategori olahraga dan petualangan dan juara pertama pada kategori atraksi budaya terpopuler. Pada kategori olahraga dan petualangan Skyland Supermoto mengalahkan Panjat Tebing Silokek, Kabupaten Sijunjung dan Tarawesi Motocross, Kabupaten Buru.

Untuk kategori atraksi budaya terpopuler, Bekarang, Kabupaten Musi Banyuasin sukses menyisihkan Island Hopping Pulau Mekko, Kabupaten Flores Timur yang menjadi juara 2 dan Surfing Samadua, Kabupaten Aceh Selatan meraih juara 3.

Pada malam penganugerahan API Award 2020 yang juga dihadiri Menteri Pariwisata dan Ekonomi  Kreatif Sandiaga S Uno secara virtual dan Gubernur NTT Victor Laiskodat, prestasi Muba tersebut juga mengungguli enam kabupaten dan kota dari Sumatera Selatan (Sumsel) yang juga masuk nominasi API Award 2020.

FOTO : IG@apiaward
FOTO : IG @apiaward

Dari Kabupaten Muara Enim, Kopi Semendo yang masuk nominasi kategori minuman tradisional hanya meraih juara 2 kalah dari Dawet Ayu, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Dari Palembang, Tanggo Buntung yang masuk nominasi kategori destinasi belanja hanya meraih juara 3.

Lihat Juga  Mencari “Brand” Kopi Sumsel

Pada kategori ekowisata, Desa Burai dari Kabupaten Ogan Ilir hanya meraih juara 2 kalah dari Damaran Baru Ecovillage, Kabupaten Bener Meriah yang meraih juara 1. Untuk kategori kampung adat, Sumsel yang diwakili Pelang Kenidai dari Kota Pagar Alam hanya meraih juara 3.

Demikian pula pada destinasi unik, Dusun Sri Pengantin yang ada di Kabupaten Musi Rawas (Muara) meraih juara 2, juara 1 diraih Museum Tsunami, Kota Banda Aceh dan juara 3 Sungai Tamborasi, Kabupaten Kolaka. Namun untuk kategori festival pariwisata, wakil Sumsel yakni Festival Danau Ranau dari Kabupaten OKU Selatan berhasil menjadi yang terbaik meraih juara 1 diikuti juara 2 Seba Baduy, Kabupaten Lebak dan juara 3 Meron, Kabupaten Pati.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi  Kreatif Sandiaga S Uno menyampaikan ucapan selamat dan sukses kepada para pemenang  Pariwisata Daerah menjadi agenda penting yang harus ditingkatkan, ditengah pandemi ini Pariwisata kita harus bangkit kembali

Atas capaian prestasi pada API Award 2020 Bupati Muba Dodi Reza Alex mengatakan, “Gelar juara ini dicapai berkat dukungan semua pihak di Muba serta kerja keras Dispopar Muba bersama berbagai komunitas di Bumi Serasan Sekate. Saya ucapkan selamat, pertahankan prestasi tersebut dan terus ditingkatkan demi kontribusi positif untuk seluruh lapisan warga dan kemajuan pariwisata di Muba.”

Lihat Juga  Tiga Kecamatan Pengumpul Pajak Terbesar di Muba

Sementara itu menurut Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Muhammad Fariz, prestasi yang diraih Muba pada API Award 2020 tidak lepas dari sosok kepala daerah dan pemerintah Kabupaten Muba yang peduli kepada sektor pariwisata untuk mengerakkan ekonomi lokal dan dukungan dari rekan-rekan media dan penggiat sosmed di Kabupaten Muba.

“Ke depan masri kita terus berinovasi, adaptasi dan kolaborasi untuk kemajuan pariwisata di Kabupaten Musi Banyuasin. Ayo kita sukseskan malam Anugerah Pesona Indonesia Award 2021 yang akan berlangsung di Kabupaten Musi Banyuasin,” katanya.

Menurut Chairman of API Hiro Kristianto, jumlah perolehan suara tahun 2020 tidak terpaut jauh dari tahun sebelumnya, yaitu sebanyak 890.736 suara yang diperoleh dari tiga saluran pemungutan suara yaitu SMS, e-flyer, dan video pariwisata.

Dari sisi publikasi dan pemberitaan secara online pada penyelenggaraan kali ini, panitia mencatat terdapat 3,4 juta tautan, 53.900 pemberitaan dan diperkirakan lebih dari 25 juta posting dan share di media sosial.  “Ini tentunya berdampak positif bagi promosi pariwisata Indonesia baik di dalam negeri maupun mancanegara,” katanya.

Hiro Cristianto memberikan apresiasi yang tinggi kepada Musi Banyuasin, selama penyelenggaraan API Award kali ini Kabupaten Muba berhasil mencetak sejarah meraih juara pertama untuk dua katagori. “Ini membanggakan,” ujarnya.

Editor : Maspril Aries

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button