NASIONAL

Muba Kabupaten Layak Anak Terbaik di Indonesia

EkbisNews.com, Makassar – Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) kembali meraih prestasi tertinggi di tingkat nasional. Daerah yang dipimpin Bupati Dodi Reza Alex Noerdin tersebut berhasil menjadi yang terbaik dengan meraih gelar Kabupaten Layak Anak (KLA) tingkat madya 2019.

Dalam siaran pers Humas Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muba, Rabu (24/7), penghargaan sebagai peraih tertinggi KLA 2019 diserahkan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Yohana Susana Yembise Dkepada Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Muba Dewi Kartika di Makassar.

Menurut Dewi Kartika, prestasi Kabupaten Muba tingkat nasional yang diberikan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) sudah dua tahun berturut-turut diraih dan berjenjang naik predikat dari tingkat Pratama menjadi tingkat Madya. “Tahun 2019 ini merupakan kali ketiga Muba mendapatkan predikat KLA tingkat nasional,” katanya.

Lihat Juga  Gernas Bulan K3 PTBA Bersih-Bersih Lingkungan

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Muba menjelaskan, menjadi kabupaten layak anak merupakan gelar yang sangat pantas disandang Kabupaten Musi Banyuasin.

Tercatat tahun 2019 ini ada sebanyak 135 daerah peraih KLA tingkat pratama, 86 daerah tingkat madya, 23 daerah tingkat nindya, dan 3 daerah tingkat utama. Dari 86 daerah peraih KLA tingkat madya, Muba meraih peringkat dan urutan tertinggi.

Dewi Sartika menjelaskan, Pemkab Muba melalui DPPPA akan terus berbenah dan meningkatkan pendampingan serta pengawasan dan perlindungan terhadap perempuan dan anak dengan harapan Muba akan meraih KLA paripurna yakni tingkat Utama pada tahun 2020 mendatang.

Lihat Juga  Amzulian Rifai Raih Tanda Kehormatan Bintang Jasa Utama RI

Sementara itu Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Yohana Yembise memberikan apresiasi besar atas kerja keras pemerintah daerah bekerjasama dengan stakeholder lainnya serta melibatkan masyarakat, media dan dunia usaha untuk mewujudkan upaya pemenuhan dan perlindungan hak anak.

“Isu anak menjadi hal penting karena berdasarkan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, urusan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak merupakan urusan wajib non pelayanan dasar,” ujarnya.

Atas prestasi tersebut Bupati Muba Dodi Reza Alex Noerdin akan mempertahankan status Muba yang dipercaya menyandang gelar Kabupaten Layak Anak Tingkat Madya.

Editor : Maspril Aries

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button