Uncategorized

Muba Bangun Jalan 59,95 Km dari Pendanaan PT SMI

EkbisNews, Musi Banyuasin – Usaha Bupati Musi Banyuasin (Muba) Dodi Reza Alex yang berinisiatif

memanfaatkan pendanaan dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN) PT Sarana Multi Infrastruktur(SMI) sejak 2018 untuk pembangunan daerah mulai membuahkan hasil.

Bupati Dodi Reza Alex memanfaatkan pendanaan dari PT SMI tersebut untuk pembangunan jalan aspal sepanjang 59,95 km di wilayah Kecamatan Jirak Jaya yang mulai dibangun sejak Mei 2018 kini telah diresmikan Bupati Muba Dodi Reza Alex, Kamis (4/4).

Selama ini, puluh tahun warga di Kecamatan Jirak harus bergulat dengan berlumpur sehingga warga sehingga warga tidak bisa beraktifitas ketika musim hujan tiba. “Mulai sekarang kami sudah bisa menikmati jalan mulus. Terima Pak Bupati Dodi Reza Alex, kampung kami tidak terisolir lagi,” kata Asman (39) Warga Desa Talang Simpang Kecamatan Jirak Jaya pada saat peresmian pembangunan jalan Kecamatan Jirak Jaya oleh Bupati Muba Dodi Reza Alex.

Menurut Bupati Dodi Reza Alex, pembangunan dan peningkatan jalan Kecamatan Jirak Jaya dibiayai menggunakan dana dari PT SMI salah satu BUMN yang bergerak di bidang pembiayaan infrastruktur.

Lihat Juga  Bukit Asam Jamin Ketersediaan Cadangan Batu Bara Indonesia

Untuk pembangunan jalan di Muba sepanjang 59.95 kilometer dengan dana sebesar Rp188.540.240 miliar yang dikerjakan PT Conbloc Infratecno dengan masa pengerjaan selama 240 hari atau delapan bulan yang dimulai pada Mei 2018 silam.

Bupati Muba Dodi Reza Alex menjelaskan, Pemerintah Kabupaten Muba sangat fokus membangun infrastruktur di daerah-daerah pelosok. “Seperti jalan di Kecamatan Jirak Jaya,” katanya.

Menurut mantan Wakil Ketua Komisi VI DPR, peningkatan jalan Jirak Jaya merupakan salah satu bagian visi dan misi Kabupaten Muba untuk meningkatkan pembangunan infrastruktur serta kesejahteraan warga di pelosok-pelosok.

“Ini juga bagian dari mewujudkan realisasi pembangunan golden triangle atau segitiga emas yang menghubungkan antar kecamatan dalam Kabupaten Musi Banyuasin sebagai poros jalan untuk memudahkan warga Muba mengangkut hasil perkebunan dan pertanian dan sekaligus sebagai upaya peningkatan ekonomi warga,” ujarnya.

Lihat Juga  Impor Batal, Mentan Akan Pacu Produksi Bawang Putih

Sementara itu Camat Jirak Jaya, Nen Fadli menjelaskan, saat ini tercatat ada sebanyak 20.500 penduduk dari beberapa desa di Kecamatan Jirak dan cukup lama merasakan jalan yang rusak parah dan berlumpur saat musim hujan. “Dengan selesainya perbaikan jalan ini alhamdulillah warga bisa menikmati jalan mulus yang berkualitas,” katanya.

Bupati Muba Dodi Reza Alex dalam sambutannya meminta warga dan bersama perusahaan yang ada di Muba menjaga jalan tersebut. “Khusus kepada perusahaan jangan sampai membawa muatan yang overload. Mari taati aturan itu bersama sama sehingga jalan yang kita bangun dari uang rakyat ini dapat kita rawat dan pergunakan bersama sama,” pesannya.

Menurut Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas PUPR Muba Herman Mayori pembangunan jalan yang dibaiayi pendanaan PT SMI pembangunannya menggunakan aspal campuran karet dengan metode chip aspal karet RARX dan menyerap langsung karet petani rakyat.

Editor : Maspril Aries

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button