Energi

Mentan Uji Coba Biodiesel 100% (B100)

EkbisNews.com, jakarta – B100 mulai diuji coba, biodiesel yang berasal dari Crude Palm Oil (CPO) ini harapannya dapat dipergunakan secara umum di masyarakat.

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mengatakan, Biodiesel B100 merupakan inovasi karya anak bangsa. B100 mewujudkan energi baru terbarukan yang mampu menghemat sumber daya energi nasional.

“B100 adalah energi masa depan kita. Ini adalah peluang besar karena produksi CPO kita sebanyak 41,6 juta ton. Ke depan kita sudah tidak akan tergantung lagi dengan BBM,” kata Amran

Amran menjelaskan, Biodiesel B100 adalah bahan bakar alternatif yang dihasilkan dari bahan alami yang terbarukan seperti minyak dari kelapa sawit. Selain itu, kata Amran, pengembangan B100 Biodiesel mengandung 100 persen bahan alami, tanpa dicampur dengan BBM.

Lihat Juga  Pemkab Muba Bidik 10 Persen Saham Blok Sakakemang

“Produk B100 merupakan salah satu inovasi yang dihasilkan oleh Kementan melalui Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan),” kata Amran sebagaimana dilansir dari rmolsumsel.com (15/4 )

Lebih lanjut, Amran juga menilai penggunaan B100 Biodiesel dapat memberikan pengaruh positif terhadap kesejahteraan petani sawit.

“Dalam situasi ini, peningkatan daya serap biodiesel ini dapat menjadi fondasi kita untuk menciptakan hilirisasi sawit dengan produk akhir yang lain,” demikian Amran.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button