NASIONAL

Menko Perekonomian dan Menteri ESDM Dukung Pembangunan Pabrik IPO-CPO di Muba

EkbisNews.com, Bali — Dodi Reza Alex Ketua Kamar Dagang Industri (Kadin) Sumatera Selatan (Sumsel) hadir pada Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Kadin 2019 di Bali, Jumat (29/11).

Pada Rapimnas Kadin tersebut Dodi Reza Alex yang juga Bupati Musi Banyuasin (Muba) bertemu dengan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. Dalam siaran pers Humas Pemerintah Kabupaten Muba menjelaskan, Bupati Dodi Reza Alex menjelaskan rencana percepatan pembangunan pabrik Industri Palm Oil dan Crude Palm Oil (IPO-CPO) di Kabupaten Muba.

“Menko Perekonomian menyatakan siap memback up dan sangat mendukung realisasi pembangunan IPO di Muba untuk energi terbarukan bioufuel yang berasal dari pengolahan kelapa sawit petani rakyat di Muba,” kata Dodi Reza Alex.

Selain dukungan dari Menko Perekonomian, rencana percepatan pembangunan pabrik IPO-CPO tersebut juga mendapat dukungan Menteri Energi dan Sumberdaya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif. Dukungan tersebut disampaikan saat rapat dengar pendapat dengan Komisi VII DPR, Rabu (27/11).

Lihat Juga  Bupati Muba Sampaikan Lima Raperda ke DPRD

“Proyek pembangunan pabrik IPO-CPO di Muba ini sangat tepat dilakukan. Kementerian ESDM akan mengawal dan membantu melakukan percepatan pembangunan Pabrik Industri Palm Oil dan Crude Palm Oil di Musi Banyuasin,” kata mantan Direktur Utama PT Pusri dan Direktur Utama PT Pupuk Indonesia (PI).

Menurut Arifin Tasrif yang sebelumnya Duta Besar Indonesia di Jepang, realisasi pembangunan pabrik IPO-CPO di Muba menjadi wujud realisasi nyata kemandirian energi. “Muba ini kan kaya akan minyak dan gas, tentu pengelolaannya harus dimaksimalkan dan dapat berkontribusi untuk kemajuan daerah. Pabrik ini nantinya akan berfungsi sebagai pengelolaan kelapa sawit menjadi bahan bakar nabati atau Biofuel yang merupakan energi terbarukan,” ujarnya.

Lihat Juga  Diduga Dikerjakan Asal-asalan Jembatan Penghubung Jebol

Pabrik yang dibangun Pemkab Muba bekerjasama dengan Institut Teknologi Bandung ini nantinya akan melibatkan petani sawit di Muba. Pabrik IPO-CPO tersebut diprediksi mampu menghemat impor BBM sampai dengan 9 miliarmdolar Amerika Serikat (AS).

Sementara itu Wakil Ketua Komisi VII DPR Alex Noerdin mengapresiasi komitmen dan dukungan Menteri ESDM tersebut. “Kalau ini berjalan nantinya tentu kemandirian energi di Indonesia terlaksana dengan baik dan hal itu telah dimulai di Kabupaten Muba,” katanya.

Menurut Gubernur Sumsel 2008 – 2013 dan 2013 – 2018, Kabupaten Muba akan menjadi pilot project atas realisasi pembangunan pabrik IPO-CPO di Indonesia. “Dengan adanya pabrik itu, kelapa sawit dari petani dapat terserap dengan baik dan tingkat kesejahteraan petani sawit meningkat,” ujarnya.

Editor : Maspril Aries

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button