NASIONAL

Menhub Dukung Pembangunan Politeknik Penerbangan di Sekayu

EkbisNews, SEKAYU – Rencana Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Pemkab Muba) untuk mendirikan sebuah //flying school// dengan nama Politeknik Penerbangan Sekayu akan terealisasi. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat berkunjung ke Sekayu mendukung rencana Pemkab Muba tersebut.

Menurut Bupati Muba Dodi Reza Alex, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi sudah meninjau langsung lapangan terbang Sekayu. “Menteri Perhubungan mengatakan pada 2020 bisa dimulai pendirian Politeknik Penerbangan di Sekayu,” katanya, Kamis (11/4).

Bupati Dodi menjelaskan, Menteri Perhubungan juga sudah menyampaikan, pendirian Politeknik Penerbangan Sekayu harus melalui sejumlah proses. Salah satunya serah terima lapangan terbang (Lapter) Sekayu dari Pemkab Muba ke pemerintah pusat.

Lihat Juga  Anita Noeringhati : Keterwakilan Perempuan Pemilu 2024 Harus Mendekati 30 Persen

Menurut Menteri Perhubungan, penyerahan pengelolaan lapangan terbang ke pemerintah pusat supaya bisa memperoleh pendanaan dari APBN. Selain itu legalitas lahan harus terjamin. “Prosesnya seiring sejalan dengan verifikasi. Jika seluruh proses telah terpenuhi dengan baik pada 2020 mendatang lapangan terbang Sekayu dapat difungsikan,” kata Budi Karya Sumadi.

Untuk merealisasikan rencana tersebut Pemkab Muba menurut Dodi Reza Alex, akan melakukan pembebasan lahan kembali di sekitar Lapter Sekayu seluas 30 hektar untuk menunjang pengembangan dan penerapan Politeknik Penerbangan.

“Pembebasan lahan pada APBD perubahan tahun ini lahan seluas 30 hektar akan dibebaskan. Jika itu selesai, selanjutnya, seluruh fasilitas dan lahan diserahkan ke pusat guna dikembangkan menjadi Politeknik Penerbangan,” ujarnya.

Lihat Juga  Dari Pelabuhan Tarahan PTBA Kembali Raih Proper Emas 2021

Untuk sertifikasi Lapter Sekayu menurut Menteri Budi Karya Sumadi, fokus pada teknis, mengenai panjang dan lebar landasan serta kemiringan lapangan terbang kemudian akan dilakukan evaluaasi. “Itu (evaluasi red.) waktunya tidak lama cukup dua bulan. Jika ada yang kurang rekomendasi awal kita beri catatan,” ujarnya.

Sementara itu menurut Bupati Dodi Reza Alex Noerdin, beberapa waktu lalu telah datang tim dari Kementerian Perhubungan meninjau langsung kondisi Lapter Sekayu. “Memang ada beberapa hal yang masih harus dilengkapi oleh kami,” katanya.

Editor : Maspril Aries

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button