NASIONAL

Mendagri Resmikan Mesin ADM Muba

Tito Karnavian Puji Dodi Reza Alex

EkbisNews.com, Sekayu – Saat yang dinanti pun tiba. Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, Jumat (28/2) resmi meluncurkan mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) di Kabupaten Musi Banyuasin.

Peresmian mesin ADM di Opproom Pemerintah Kabupaten Muba dilakukan Mendagri dengan disaksikan Bupati Muba Dodi Reza Alex, Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Herman Deru dan Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri Zudan Arif Fakrullo.

FOTO : WEB DUKCAPIL KEMENDAGRI

Mendagri Tito Karnavian dalam sambutannya mengatakan, “Saya ingin kepala daerah di seluruh Indonesia punya komitmen tinggi untuk peningkatan kualitas pelayanan publik. Kabupaten Muba misalnya hari ini secara resmi meluncurkan mesin ADM, karena itulah saya yakin Muba punya komitmen tinggi untuk melayani kebutuhan warganya.”

Tito juga mengaku takjub dan bangga dengan kemajuan yang pesat di Kabupaten Musi Banyuasin. “Saya juga secara pribadi mengapresiasi capaian-capaian yang selama ini telah dilakukan Pemerintah Kabupaten Muba,” katanya.

Menurut Tito Karnavian, pelayanan publik yang maksimal tentu tidak bisa dipisahkan dari keseriusan kepala daerah setempat untuk mengomandoi pegawai ASN memberikan pelayanan yang terbaik kepada warga.

Lihat Juga  Sensasi Makan Beralas Pelepah Pinang di Muba

“Saya yakin kalau di Muba ini, Pak bupati-nya sangat konsen untuk memberikan yang terbaik kepada warganya, tentu hal ini harus dipertahankan dan ditingkatkan,” ujarnya.

Menurut mantan Kapolri tersebut, keberadaan mesin ADM di Kabupaten Muba dapat lebih memaksimalkan dan mempermudah kebutuhan masyarakat di Muba khususnya untuk mengurus kepentingan administrasi seperti KTP, KK, akte kelahiran dan lainnya.

Mendagri Tito Karnavian menjelaskan, Kemendgari akan mendorong pemerintah kabupaten dan pemerintah kota seluruh Indonesia untuk memiliki mesin ADM. Sejak diluncurkan pada November 2019 hingga saat ini, sudah ada enam mesin ADM dibeli oleh empat pemerintah daerah. Pemda Magetan, Pemda Tangerang Selatan, Pemda Wonogiri, dan Pemda Musi Banyuasin.

FOTO : DINAS KOMINFO MUBA

Sementara itu Bupati Muba Dodi Reza Alex menyampaikan rasa senang dan bahagia dengan kehadiran secara langsung Mendagri Tito Karnavian untuk secara langsung melaunching mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) di Kabupaten Musi Banyuasin. “Alhamdulillah, Pak Mendagri hari ini berkesempatan langsung me-launching mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) di Kabupaten Musi Banyuasin,” ujarnya.

Lihat Juga  Sidang Promosi Doktor Dodi Reza Alex Dihadiri Ketua Ombudsman RI

Menurut bupati peraih gelar doktor dari Fisip Universitas Padjadjaran, keberadaan mesin ADM merupakan salah satu upaya konkrit Pemkab Muba untuk terus memberi kemudahan pelayanan kepada warga Muba.

“Kalau sifatnya sudah mengedepankan kemudahan pelayanan terhadap masyarakat, Pemkab Muba akan berusaha selalu menjadi yang pertama dan terdepan,” katanya.

Menurutnya, keberadaan mesin ADM tersebut dapat mempercepat pelayanan langsung kepada masyarakat. “Sebelumnya juga kita sudah meluncurkan program tanda tangan elektronik, ini akan terus bertransformasi demi kemudahan warga Muba khususnya,” ujar Dodi.

Setelah peluncuran mesin ADM, secara bertahap keberadaan mesin ADM ini akan diperuntukkan di setiap Kecamatan yang ada di Muba. :Untuk tahap ini, baru dua Kecamatan yang disiapkan, namun ke depan mesin ADM ini akan disiapkan untuk setiap kecamatan di Muba,” kata Bupati Dodi Reza Alex.

Editor : Maspril Aries

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button