Energi

Medco E&P Beroperasi dan Berbagi di Tengah Covid-19

EkbisNews.com, Musi Banyuasin – Sejak Pemerintah mengumumkan pandemi Covid-19 telah melanda Indonesia, PT Medco E&P Indonesia (Medco E&P) terus meningkatkan kewaspadaan di seluruh wilayah operasinya di Indonesia, termasuk yang berada di Sumatera Selatan (Sumsel).

VP Relations & Security Medco E&P Drajat Panjawi, akhir pekan lalu, mengatakan, “Di lapangan dan di kantor, kesehatan dan keselamatan pekerja serta kontraktor merupakan prioritas utama perusahaan.”

Menurut Drajat, perusahaan telah mengambil semua langkah yang diperlukan untuk memastikan kesehatan pekerja dan kontraktor dengan melakukan isolasi mandiri, karantina kedua di tempat yang ditetapkan perusahaan dan melakukan tes Polymerase Chain Reaction (PCR) secara rutin sebelum bertugas.

“Perusahaan juga melaksanakan protokol kesehatan dengan ketat selama bertugas dan melakukan rapid test setelah selesai bertugas untuk mengantisipasi sejak dini penyebaran Covid-19,” ujarnya.

Sesuai protokol pencegahan Covid-19 dari pemerintah, perusahaan migas swasta nasional tersebut menurut Drajat Panjawi, juga melaksanakan proses pemantauan, memeriksa suhu tubuh di setiap entry-point serta mewajibkan pekerja melakukan karantina dan observasi mandiri di rumah saat tidak bertugas.

“Kami akan terus memonitor dan meningkatkan kewaspadaan di lingkungan kerja perusahaan. Kami terus bekerja sesuai protokol kesehatan yang ketat untuk menjaga ketahanan energi nasional,” kata VP Relations & Security Medco E&P Drajat Panjawi.

Lihat Juga  Pasokan Batu bara PLN Kritis, Ekspor Dilarang 1 – 31 Januari 2022

Di tempat terpisah Direktur Utama MedcoEnergi Hilmi Panigoro menyatakan, Medco Energi optimis berhasil menghadapi tantangan yang disebabkan oleh pandemi Covid-19. Medco Energi saat ini diakui sebagai perusahaan sumber daya alam  terkemuka di Asia Tenggara dengan tingkat produksi migas di atas 100.000 barrel oil equivalent  (BOE) per hari.

“Kami tengah menghadapi masa yang penuh tantangan. Penurunan permintaan  energi  yang cepat dalam menghadapi peningkatan produksi minyak merupakan tantangan bagi industri. Namun, dengan tekad dan pengalaman, dan komitmen kami terhadap tanggung jawab sosial dan lingkungan, Medco Energi akan mendukung Pemerintah untuk menjaga pasokan energi nasional sambil terus tumbuh seperti yang sudah dibuktikan selama 40 tahun penjalanannya,” kata orang nomor satu di perusahaan migas swasta nasional tersebut.

Sementara itu kepedulian Medco E&P terhadap lingkungan sekitarnya melalui program CSR di tengah pandemi tetap berjalan. Menurut Drajat Panjawi, Medco E&P pada akhir Oktober 2020 berbagi dengan menyelenggarakan “Pelatihan dan Pendampingan Peningkatan Kapasitas Guru dan Kepala Sekolah dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).”

Lihat Juga  BPH Migas Sosialisasi BBM Satu Harga di Keluang, Musi Banyuasin

“Pelatihan dan pendampingan terhadap guru dan kepala sekolah tersebut  dilaksanakan PT Medco E&P blok Lematang dengan nara sumber dari tim School of Universe pimpinan Lendo Novo penggagas konsep sekolah alam yang sekolahnya sudah banyak berdiri di Indonesia dan luar negeri,” ujar Drajat Panjawi.

Pelatihan diikuti oleh para guru dan kepala sekolah dari 22 sekolah dasar  yang masuk Koordinator Wilayah Dinas Pendidikan, Kecamatan Gunung Megang, Kabupaten Muara Enim. Pelatihan berlangsung empat seri selama dua bulan. Para peserta mendapat pelajaran mengenai metodologi, konsep, dan esensi PJJ. Pelatihan dilaksanakan dengan mengikuti protokol kesehatan.

Para kepala sekolah dan guru mengaku merasa senang karena mendapat pengetahuan yang baru. “Pelatihan mendorong kami para guru lebih kreatif dalam merancang strategi pemanfaatan sarana prasarana di tengah pandemi,” kata seorang peserta.

VP Relations & Security Medco E&P Drajat Panjawi berharap dengan pelatihan dan pendampingan dari PT Medco E&P dapat membantu peningkatan kualitas guru dan kepala sekolah dalam pembelajaran jarak jauh atau PJJ.

Editor : Maspril Aries

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button