NASIONAL

Libur Nataru Pertamina Siapkan 12 Titik SPBU di Jalur Tol Trans Sumatra

EkbisNews.com, Palembang  -PT Pertamina (Persero) memastikan stok kebutuhan bahan bakar minyak (BBM) selama akhir tahun atau pada libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) tahun ini akan terpenuhi.

General Manager Pertamina MOR II Sumbagsel, Primarini mengatakan Pertamina menyediakan 12 titik SPBU di Tol Trans Sumatera, satu SPBU Reguler dan 11 SPBU Modular.

“Untuk yang melalui jalur Lintas Sumatera, kami juga menyiapkan 63 SPBU siaga,” katanya Kamis (19/12/2019).

Selain ketersediaan BBM, Pertamina juga lakukan cek ketersediaan Pelumas Pertamina di SPBU, LPG dan 11.115 Pangkalan Siaga. Khusus untuk Avtur, disiapkan stok tambahan kapasitas 211 KL/hari.

Primarini menyebutkan, untuk titik SPBU Regular di Jalur Tol Trans Sumatera (JTTS) berada di Kilo Meter (Km) 215B.

Untuk SPBU Modular tersebar antara lain di Km 33A dan 33B, Km 87A dan 87B, Km 115A dan 115B, Km163A, Km 172B, Km 215B, Km 234A, dan Km 269B.

Lihat Juga  Ada Mural di PGK

Produk yang dijualpun variatif untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Namun saat ini yang paling lengkap berada di SPBU Reguler Km 215B yang dalam beberapa hari ke depan siap beroperasi maksimum.

“Sehingga dengan adanya kesiagaan ini masyarakat dapat nyaman dalam menikmati libur akhir tahun,” ujarnya.

Dijelaskan dia, untuk jenis bahan bakar Gasoline (Pertamax, Pertalite, Premium) selama Nataru diprediksi ada peningkatan sebesar +2,5 persen, Gasoil (Dex, Dexlite, Biosolar) turun sebesar -4,2 persen Avtur turun sebesar -5 persen, dan untuk LPG ada peningkatan sebesar +3.6 persen.

“Jika dibandingkan dengan Satgas Nataru 2018, Gasoline ada peningkatan +2.6 persen, Gasoil meningkat +1 persen, Avtur turun -28 persen, dan LPG meningkat +3.4 persen,” kata Primarini.

General Manager (GM) Pertamina Refinery Unit (RU) III Plaju, Joko Pranoto mengatakan sebelumnya pihaknya telah menyediakan pasokan BBM dalam dua periode.

Lihat Juga  Indonesia Kirim 3 Juta Masker Ke China

Adapun periode pertama sudah dilakukan pada 11-29 November lalu, untuk periode kedua mulai hari ini 18 Desember hingga 8 Januari 2020.

“Jauh sebelum masa liburan dan setelah masa liburan itu sendiri Tim Satgas Nataru Pertamina siap melayani masyarakat,” jelas Joko.

Menurut Joko, stok dan ketahanan hari seluruh produk olahan Kilang RU III Plaju dalam jumlah yang siap memenuhi kebutuhan masyarakat.

Untuk kapasitas produksi kilang sendiri, terang Joko, Kilang RU III Plaju berada di angka 105 hingga 110 Million Barrel (MB) dengan rata-rata ketahanan produk di angka 5 hari.

“Jadi, keandalan kilang dalam kondisi yang maksimal untuk melayani kebutuhan masyarakat.

Selanjutnya yang akan kami lakukan adalah memastikan Tim Satgas Nataru di kilang untuk memonitor kinerja baik ini serta tidak lupa berkoordinasi dengan Tim Satgas Nataru di Marketing Operation II Sumbagsel.” terang Joko.

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button