NASIONAL

Kecamatan Sekayu jadi Percontohan Smart District

“Kecamatan Sekayu sebagai ibukota Kabupaten Muba dijadikan percontohan program smart district”

EkbisNews, Palembang – Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) adalah salah satu dari 100 Kabupaten/Kota Smart City di Indonesia. Kini Pemerintah Kabupaten Muba melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) setempat melakukan langkah strategis dengan melakukan implementasi Program Smart District (Kecamatan Cerdas).

“Program Smart District akan kita mulai dengan Kecamatan Sekayu sebagai percontohan. Untuk mendukung program tersebut Dinas Kominfo telah memasang jaringan koneksi internet di kantor kecamatan serta semua kantor kelurahan di Sekayu,” kata Bupati Muba Dodi Reza Alex yang didampingi Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kominfo Muba Dicky Meiriando, Kamis (4/4).

Menurut Dicky Meiriando, program smart district di Kecamatan Sekayu sudah diujicoba sejak , Selasa (2/4). “Kecamatan Sekayu sebagai ibukota Kabupaten Muba dijadikan percontohan program smart district,” ujarnya.

Lihat Juga  PTBA Bedah 25 Unit Rumah dan Bangun 23 Sumur Bor di Ring 1

Di Kantor Kecamatan Sekayu, Dinas Kominfo Muba telah memasang jaringan koneksi internet dan saat ini kantor kecamatn serta kantor kelurahaan sudah dapat mengakses internet. Dinas Kominfo juga telah memfasilitasi pembuatan website untuk Kecamatan Sekayu, Kelurahan Serasan Jaya, Kelurahan Soak Baru, Kelurahan Balai Agung dan Kelurahan Kayuara. Website tersebut telah terkoneksi satu sama lainnya dan terintegrasi dalam website Pemkab Muba www.mubakab.go.id.

Dengan telah tersedianya jaringan koneksi internet dan website, menurut Dicky Meiriando, selanjutnya tinggal melengkapinya dengan aplikasi-aplikasi digital untuk mendukung layanan administrasi pemerintahan dan layanan publik. “Kami akan berkoordinasi dengan perangkat daerah atau instansi pemerintahan yang telah memiliki aplikasi untuk dapat melakukan integrasi sistem elektronik dengan kecamatan dan kelurahan di Sekayu,”katanya.

Lihat Juga  Tiga Kecamatan Pengumpul Pajak Terbesar di Muba

Sementara itu Camat Sekayu Marko Susanto, berterima kasih kepada Bupati Muba dan Dinas Kominfo Muba yang telah menjadikan Kecamatan Sekayu sebagai Pilot Project Program Smart District yang diharapkan dapat mendukung pelaksanaan reformasi birokrasi di Kecamatan Sekayu menuju Government 4.0.

“Keberadaan internet dan website ini tentu memberikan manfaat yang sangat besar bagi aparatur kecamatan dan kelurahan di Sekayu. Tentu dengan adanya perangkat IT ini diharapkan dapat membantu aparatur kecamatan dan kelurahan dalam melaksanakan tugas-tugas pemerintahan secara efektif dan efisien sehingga dapat membantu memberikan kemudahan dalam pelayanan masyarakat,” ujar Marko.

Editor : Maspril Aries

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button