NASIONAL

Kabupaten Muba Tercepat di Indonesia Serahkan LKPD 2019 ke BPK

EkbisNews.com, Palembang – Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) kembali menjadi yang pertama atau tercepat di Indonesia dalam penyerahan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun anggaran 2019.

Prestasi Pemkab Muba yang dipimpin Bupati Dodi Reza Alex dalam tata kelola keuangan daerah tersebut mendapat apresiasi Kepala Kepala Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Sumatera Selatan (Sumsel) Pemut Aryo Wibowo.

Pada penyerahan LKPD 2019 di kantor BPK Perwakilan Sumsel, Senin (13/1) Bupati Dodi Reza Alex yang didampingi Sekretaris Daerah Muba Apriyadi dan para kepala SKPD, LKP tersebut langsung diterima Kepala BPK Perwakilan Sumsel Pemut Aryo Wibowo.

Kepala BPK Pemut Aryo Wibowo menyampaikan apresiasi atas prestasi Pemkab Muba yang tetap konsisten dengan penyampaian LKPD tercepat sampai pada LKPD 2019 yang ketiga kalinya setelah sebelumnya LKPD 2017 dan LKPD 2018 juga menjadi yang tercepat di Indonesia. “Ini bukti konkrit kalau Pemkab Muba menjalankan tata kelola dan sistem keuangan yang sehat. BPK Perwakilan Sumatera Selatan sangat mengapresiasi hal ini,” katanya.

Menurut Pemut Aryo selain tercepat dalam penyerahan LKPD 2019 Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) APBD 2017-2018 berhasil pula meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) serta diganjar rekor Muri.

Lihat Juga  BNI Kucurkan Dana 23,93 Persen di Proyek Tol Malang Pandaan

“Dalam penyerahan LKPD tahun anggaran 2019 BPK telah menetapkan tenggat waktu penyerahan yakni Maret 2020 nanti, justru Pemkab Muba menyelesaikan lebih awal pada Januari tahun 2020. Kalau daerah lain sedang berjibaku menyelesaikan LKPD tahun 2019, Pemkab Muba telah berhasil menuntaskannya,” ujar Kepala BPK Perwakilan Sumsel.

Kepala BPK Perwakilan Sumsel Pemut Aryo Wibowo mengharapkan pada yang dicapai dan dilakukan Pemkab Muba dalam tata kelola dan sistem keuangan yang sehat harus menjadi inspirasi dan pemecut bagi daerah lain khususnya di Sumsel untuk menyampaikan LKPD dengan tepat waktu. “Kalau semua daerah seperti Muba, tentu penyelenggaraan keuangan dan pembanguan akan berjalan baik,” katanya.

Menurut Bupati Muba Dodi Reza Alex pelaksanaan penyampaian LKPD 2019 bukan untuk mengejar cepat-cepatan saja tetapi esensinya Pemkab Muba telah menunjukan bahwa sistem penyajian keuangan Muba dilakukan secara transparan dan tepat waktu. “Jadi bukan cepatnya yang kita kejar, tapi inilah pembuktian tata kelola sistem keuangan Muba dilakukan dengan baik dan benar,” kata kandidat doktor administrasi publik yang akan menjalani ujian terbuka di Fisip Universitas Padjajaran (Unpad) pada Januari 2020.

Lihat Juga  Pemkot Palembang Tingkatkan Ekonomi Masyarakat Melalui Ekonomi Kreatif

Bupati Dodi menjelaskan, penyampaian LKPD yang cepat banyak memberikan efek positif terhadap percepatan pembangunan di Muba. “Banyak dampak positif yang kita rasakan, dan ini juga dirasakan masyarakat Muba,” ujarnya.

Menurut Dodi atas pencapaian LKPD 2019 tercepat, menyampaikan rasa bangga dan terima kasih kepada seluruh OPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin, DPRD Musi Banyuaisin sebagai mitra yang terus bersinergi membangun Bumi Serasan Sekate menuju Muba Maju Berjaya 2022.

“Khususnya tim OPD dan tim BPKAD yang telah bekerja keras dengan mencurahkan segenap tenaga dan pikiran dalam menyelesaikan penyusunan laporan keuangan pemerintah daerah tahun anggaran 2019,” katanya

Sementara itu Sekretaris Daerah Apriyadi menargetkan Pemkab Muba tetap bisa kembali meraih opini WTP. “Bekerja dengan selalu transparan dan tepat waktu akan menjadi prioritas kami Pemkab muba,” ujarnya.

Editor : Maspril Aries

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button