NASIONAL

Jalan Tol Betung – Tempino – Jambi Siapkan Pelintasan Harimau Sumatera

EkbisNews.com, Palembang – Pembangunan jalan tol yang akan melewati dalam wilayah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) antara Betung – Tempino segera dimulai. Pembangunan jalan tol yang merupakan bagian dari jalan tol trans Sumatera (JTTS) tersebut akan memiliki pelintasan untuk satwa harimau Sumatera.

Bupati Muba Dodi Reza Alex dalam “Refleksi Akhir Tahun 2020” mengatakan, “Jalan tol antara Betung dan Tempino sampai ke Jambi akan memiliki pelintasan untuk satwa liar khususnya harimau Sumatera. Ini merupakan jalan tol pertama di Indonesia yang menyediakan jalan atau pelintasan di bawahnya untuk satwa liar,” katanya, Senin (28/12).

Lihat Juga  PTBA Terima Penghargaan 7 Outstanding The Best BUMN In South Sumatera
Hasan Turcahyo — FOTO : Maspril Aries

Hasan Turcahayo Manajer Proyek Jalan Tol PT Hutama Karya (HK) membenarkan adanya rencana pelintasan untuk satwa liar seperti harimau Sumatera pada jalan tol Betung – Tempino – Jambi.

“Perlintasan satwa liar tersebut akan dibangun diantara Taman Nasional Sembilang dengan Suaka Margasatwa Dangku pada Km 65+400,” katanya kepada Ekbisnews.com, Selasa (29/12).

Menurut Hasan Turcahyo, PT Hutama Karya akan membangun jalan tol Betung – Tempino – Jambi sepanjang 169 km menyambung ruas tol Palembang – Betung  yang dibangun PT Waskita Sriwijaya Tol.

Lihat Juga  Gakkum Kementerian LHK Segel Tempat Pembuangan Sampah Ilegal

Bagi PT HK yang membangun dan mengoperasionalkan JTTS pembangunan perlintasan satwa liar pada ruas jalan tol bukan yang pertama. Sebelumnya PT HK juga membangun pelintasan gajah Sumatera pada jalan tol antara Pekanbaru – Dumai (Pekdum) di Provinsi Riau.

Pada jalan tol Pekdum BUMN karya tersebut membangun enam pelintasan gajah Sumatera. Sebanyak lima pelintasan dibangun di seksi 4 yang menghubungkan Kandis Utara – Duri Selatan. Lima pelintasan gajah pada seksi 4 karena menjadi home grage atau daerah jelajah gajah, lokasinya berdekatan dengan Suaka Margasatwa Balai Raja.

Editor : Maspril Aries

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button