NASIONAL

HPN 2022 Kementerian LHK dan PWI Gaungkan Kepedulian Lingkungan

EkbisNews.com, Jakarta – Kepedulian terhadap lingkungan hidup dan kehutanan akan menjadi salah satu agenda dalam peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2022 yang akan berlangsung di Kendari pada 9 Februari 2022

Saat menerima Ketua Panitia Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2022 Auri Jaya bersama anggota panitia di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Jumat (10/9) Menteri LHK Siti Nurbaya berdiskusi dengan panitia seputar agenda yang akan dilaksanakan pada HPN 2022.

Menteri Siti Nurbaya yang didampingi pejabat Kementerian LHK diantaranya Sekretaris Jendral Kementerian LHK Bambang Hendroyono, Dirjen Pengelolaan Daerah Aliran Sungai Rehabilitasi Hutan (PDASRH) Helmi Basalamah, Direktur Konservasi Tanah dan Air Muhammad Zainal Arifin, Direktur Adaptasi Perubahan Iklim Sri Tantri Arundhati, dan Kepala Biro Humas Nunu Anugrah mengajak wartawan menggaungkan isu-isu kepedulian terhadap lingkungan hidup dan kehutanan.

Lihat Juga  Indonesia Berkontribusi dalam Penurunan Deforestasi Global

“Mari kita gaungkan bersama isu-isu kepedulian terhadap lingkungan hidup dan kehutanan melalui aksi-aksi lapangan, seperti rehabilitasi mangrove, rintisan Program Kampung Iklim atau Proklim, dan pelepasliaran satwa. Itu semua  mengarah pada upaya pembangunan hijau di Indonesia,” kata Menteri LHK.

Siti Nurbaya mengajak para wartawan untuk terlibat pada kegiatan pro lingkungan di HPN 2022. “Ini bisa menjadi program PWI dan Kementerian LHK, yakni rehabilitasi mangrove, kampung iklim wartawan, dan pelepasliaran satwa dilindungi di Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai,” ujarnya.

Menurut Menteri Siti Nurbaya, isu penanggulangan perubahan iklim penting untuk digaungkan saat ini karena masyarakat dunia makin merasakan akibat nyata dari krisis iklim, seperti bencana hidrometeorologis kebakaran hutan yang semakin sering terjadi di seluruh dunia.

Lihat Juga  Kemenkeu Mengusulkan Iuran BPJS Kesehatan Naik Dua Kali Lipat

“PWI bersama anggotanya dapat membantu menggugah kepedulian publik melalui penggaungan isu pentingnya menjaga kelestarian lingkungan hidup dan kehutanan khususnya isu penanggulangan perubahan iklim,” kata mantan Sekretaris Jendral DPD dan Kementerian Dalam Negeri.

Tentang Program Kampung Iklim (Proklim) Siti Nurbaya menjelaskan, program ini salah satu upaya besar adaptasi perubahan iklim yang sedang dikerjakan oleh Kementerian LHK bersama masyarakat di tingkat tapak.

Menanggapi ajakan tersebut, Ketua Panitia HPN Auri Jaya mengatakan, “Isu lingkungan hidup akan menjadi salah satu tema peringatan HPN 2022, selain masalah masa depan wartawan di tengah pesatnya perkembangan teknologi komunikasi dan media. Lingkungan hidup masih akan menjadi isu penting dan relevan dalam beberapa tahun mendatang.”

Editor : Maspril Aries

 

 

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button