NASIONAL

HPN 2020 Presiden Joko Widodo Tanam Pohon Mersawa Setinggi 15 Meter

EkbisNews.com, Banjar Baru – Ada yang berbeda pada rangkaian acara puncak Hari Pers Nasional (HPN) 2020 yang berlangsung di Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel), Sabtu (8/2). Presiden Joko Widodo menanam pohon yang tinggi.

Presiden menanam pohon Mersawa yang tinggi dengan didampingi Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya, Menko Polhukam Mahfud MD, Menteri Pekerjaan Umum (PU) Basuki Hadimuljono, Menteri Kominfo Johnny G. Plate, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko dan Gubernur Kalsel Sahbirin Noor di kawasan Miniatur Hutan Hujan Tropik (MH2T), kawasan perkantoran Pemerintah Provinsi Kalsel di Banjarbaru.

Berbeda dengan penanaman pohon lazimnya, Presiden Joko Widodo menanam pohon yang cukup tinggi. “Pada rangkaian Hari Pers Nasional 2020 di Kalimantan Selatan Presiden Joko Widodo menanam pohon Mersawa atau Anisoptera Marginata Korth setinggi 15 meter yang merupakan tanaman langka khas Kalimantan,” kata Menteri LHK Siti Nurbaya.

Pohon Marsawa yang yang ditanam Presiden Joko Widodo tersebut diperkirakan telah sekitar 16 tahun. Pohon ini merupakan tanaman khas yang langka dan tumbuh di hutan Borneo atau Kalimantan yang perlu dilestarikan. Pohon Marsawa adalah pohon yang tahan ditanam pada tempat terbuka dan panas.

Lihat Juga  Pemprov Sumsel Usulkan BPHTB Dihapuskan

Selain Presiden Joko Widodo, di lokasi yang sama juga ditanam 7.500 batang pohon sengon dan 161 tanaman endemik lainnya. Penanaman dilakukan bersama Pengurus PWI Pusat dan PWI Provinsi dari beberapa daerah serta oleh para menteri yang hadir, kepala lembaga, pimpinan daerah, pelajar, pramuka, dan masyarakat.

FOTO : HUMAS KEMENTERIAN LHK

Usai melakukan penanaman pohon Presiden Joko Widodo menandatangani prasasti di Hutan Pers Taman Species Endemik Indonesia dan prasasti Taman Hujan Tropis Dunia. “Ini menandai keterlibatan masyarakat dalam program kerja Kementerian LHK melakukan rehabilitasi hutan dan lahan atau RHL melalui kebun bibit desa,” ujar Menteri Siti Nurbaya.

Menurut Menteri LHK, kebun bibit desa (KBD) di Provinsi Kalimantan Selatan berjumlah 83 unit yang tersebar di 10 Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) di sembilan Kabupaten. Jumlah bibit dari 83 KBD di Kalsel sebanyak 3.345.900 batang. “Bibit ini akan disebar dan ditanam oleh kelompok masyarakat.”

Lihat Juga  Kementerian LHK Bantu Petani dengan Peralatan Ekonomi Produktif

Masing-masing KBD tersebut dapat memproduksi bibit sebanyak 40.000 batang dengan jenis antara lain sengon, karet, jengkol, durian, petai, kopi, dan sebagainya.

Pada kesempatan peringatan HPN tersebut Presiden Joko Widodo menyatakan, insan pers Indonesia memiliki peran penting turut serta mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk semakin cinta lingkungan dan menjaga alam Ibu Pertiwi ini bersama.

Dari lokasi penanaman pohon di kawasan Miniatur Hutan Hujan Tropik Presiden Joko Widodo dan rombongan menuju tempat acara puncak HPN 2020 di halaman gedung Sekretariat Daerah Provinsi Kalsel dengan menaiki bus pariwisata yang terbuka.

Bus wisata yang dikelola Dinas Pariwisata Kalsel adalah bus yang melayani perjalanan wisata rute Banjarbaru, Desa Kiram dan Tahura Sultan Adam yang merupakan destinasi wisata yang ada di Kalsel.

Editor : Maspril Aries

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button