NASIONAL

Gubernur Sumsel: Juni, Groundbreaking Penambahan Angkutan Batubara

EkbisNews, Palembang-Untuk memaksimalkan moda angkutan khususnya batubara, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel) akan melakukan Groundbreaking penambahan angkutan batubara.

Gubernur Sumsel, H Herman Deru (HD) mengatakan untuk groundbreaking penambahan angkutan batubara ini direncanakan pihaknya akan dilakukan pada tahun ini juga.

“Rencananya akan kita lakukan groundbreaking pada Juni nanti dan kita akan bicarakan ini dengan Menhub (Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi),” ujarnya saat diwawancarai seusai meninjau lokasi yang akan dijadikan Terminal Multi Moda, Rabu (5/2/2020).

HD mengungkapkan, dengan adanya groundbreaking ini diharapkan akan ada peningkatan dari kapasitas produksi saat ini. “Penambahan kapasitas lebih dari 100 persen untuk penambahan ekspor batubara keluar Sumsel,” ungkapnya

Dijelaskannya, pemerintah pusat memiliki program pembangunan double track untuk angkutan batubara dan hasil bumi lain. Dan dalam kunjungan yang dilakukan di rel kereta api di Keramasan itu, Herman Deru ingin memastikan kesiapan dan pemanfaatan rel barang khusus batubara yang sudah ada.

Lihat Juga  Polda Sumsel Bekuk Pengedar Narkoba Lintas Kabupaten

“Kita sudah ada Pergub mengenai angkutan batubara harus memakai jalur khusus, salah satunya kereta api. Moda angkutan ini dinilai lebih efisien. Saya tinjau stasiun Simpang ini dan ternyata masih dapat kita maksimalkan lagi pemanfaatan batubaranya. Contohnya, dari tambang batibara dibawa ke stasiun Simpang ini pakai kereta. Dari stasiun Simpang ini, kemudian diangkut lagi ke terminal khusus dan dikirim untuk di ekspor atau dipakai di dalam negeri,” jelas Deru

Lihat Juga  Tingkatkan Pendapatan Daerah, Pemprov Sumsel Bangun Terminal Multi Moda

HD menambahkan, Dengan adanya pemanfaatan angkutan batubara melalui kereta api, bukan hanya dapat meningkatkan ekspor sumber daya alam saja, melainkan bisa menciptakan tertib lalu lintas dan membuka peluang tenaga kerja dimana tenaga kerja lokal dapat dilibatkan.

Lihat Juga  Demi Balas Budi, Wanita ini Rela Jadi Kurir Narkoba

“Jika ekspor kita meningkat, tentu dampaknya meningkat juga pendapatan asli daerah. Dan pemanfaatannya tetap kita kawal agar PAD bisa bermanfaat langsung untuk kesejahteraan rakyat, tidak ada guna PAD besar jika tidak digunakan untuk rakyat Sumsel,” katanya.

Lihat Juga  Blusukan ke Desa Sidang Emas, Gubernur Sumsel Herman Deru Janjikan Tahu Jalan Mulus 2020

Sementara itu, Dirut PT Sriwijaya Mandiri Sumsel, H Sarimuda mengatakan, pihaknya akan terus meningkatkan upaya dan strategi khusus untuk mendongkrak pendapatan asli daerah Sumsel. Termasuk dalam hal mengelola dan meningkatkan potensi produksi batubara serta ekspor batubara baik ke dalam negeri maupun luar negeri.

“Kita akan launching penambahan angkutan batubara pada Juni nanti. Darisana, kita yakin dan optimis akan meningkatkan kapasitas ekspor batubara, yang hasil akhirnya akan dinikmati oleh Sumsel,” katanya.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button