LifeStyle

Gol A Gong Jadi Duta Baca Indonesia Gantikan Najwa Shihab

EkbisNews.com, Jakarta –  Kepala Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI Muhammad Syarif Bando mengukuhkan Gol A Gong sastrawan penulis novel “Balada Si Roy” sebagai Duta Baca Indonesia (DBI) 2021 – 2026 menggantikan Duta Baca Indonesia Najwa Shihab.

GOL A GONG – FOTO : IG@golagong

Gol A Gong adalah tokoh keempat yang menjadi Duta Baca Indonesia setelah Tantowi Yahya (2006-2010), Andy F Noya (2011- 2015), dan Najwa Sihab (2016- 2020).

Syarif Bando menjelaskan, terpilihnya Gol A Gong adalah representasi pilihan publik. Eksistensi, dedikasi, totalitas dan semangat Gol A Gong yang dikenal sebagai pendiri Rumah Dunia di Serang, Banten dan Ketua Forum Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Indonesia telah membuktikan bahwa aksi lebih penting dari sekedar narasi.

Sebelumnya Perpusnas RI secara khusus menyebarkan kuesioner digital pada periode kuartal akhir 2020. Dari aspirasi yang dihimpun Pusat Analisis Perpustakaan dan Pengembangan Budaya Baca Perpustakaan Nasional RI, sebanyak 60 persen dari total 10.800 kuesioner yang masuk menghendaki latar belakang pegiat literasi menjadi yang paling pantas sebagai suksesor kesuksesan program Duta Baca Indonesia 2021 – 2026.

Kepada Gol A Gong, Kepala Perpustakaan Nasional berpesan agar Duta Baca Indonesia bisa menghidupkan gairah membaca dan gairah penerbit untuk memperbanyak ketersediaan buku.

Lihat Juga  Ada Perpustakaan Keluarga di Kampung Pekijing, Taktakan, Serang

Syarif Bando menegaskan, “Duta Baca Indonesia adalah role model yang menginspirasi dalam membangun sumber daya masyarakat seluruh Indonesia. Duta Baca bukanlah anak perpustakaan. Duta Baca Indonesia merupakan kepercayaan negara dalam peningkatan literasi.”

Menurut Syarif Bando pada pengukuhan yang berlangsung di Gedung Perpustakaan Nasional, Jumat (30/4), “Duta Baca bukan sekedar penyambung lidah program pemerintah tetapi juga sebagai seorang influencer, opinion leader, motivator, penggerak hati masyarakat agar mau menjadikan aktivitas baca sebagai budaya dalam keseharian sehingga nantinya berdampak positif pada pertumbuhan literasi di tanah air.”

Kepala Perpustakaan Nasional menambahkan, Indonesia setiap tahun Indonesia membutuhkan 810 juta buku. Atau minimal tiga buku baru untuk setiap orang setiap tahunnya.

Sebagai Duta Baca Indonesia untuk lima tahun ke depan Gol A Gong mengusung visi “berdaya dengan buku.” Menurutnya, “Manfaat membaca buku tidak ada yang sia-sia dari membaca buku. Kita hanya perlu fokus pada satu hal saja. Konsentrasi pada satu bidang. Saya menekuni dunia menulis. Saya membaca buku-buku tentang itu. Belum sempurna. Tapi saya sudah mengambil manfaatnya.”

Gol A Gong yang memiliki nama Heri Hendrayana Harris lahir di Purwakarta, 15 Agustus 1963, sejak 1965 sudah tinggal di Serang. Perjalanannya sebagai penulis, sastrawan dimulai menjadi jurnalis pada majalah Hai, Anita Cemerlang, tabloid Warta Pramuka dan tabloid Karina. Pada era 1980-an cerita pendek (Cerpen)-nya banyak menghiasi majalah remaja, salah satunya yang terkenal Cerita Bersambung Balada Si Roy yang dimuat di Majalah Hai. Sudah diterbitkan menjadi novel dan tengah dipersiapkan untuk film layar lebar.

Lihat Juga  Bahasa Indonesia “Terbunuh” di Ruang Publik

Gol A Gong yang sudah menulis lebih dari 90 judul buku bersama istrinya Tias Tatanka mendirikan dan mengelola pusat belajar yang diberi nama “Rumah Dunia” di Serang. Dari “Rumah Dunia” telah lahir beberapa penulis muda dan telah terbit berbagai judul buku.

Menurut Gol A Gong, Rumah Dunia awalnya sebagai tempat bagi anak-anak dan remaja untuk berkarya. Mereka belajar jadi wartawan, menulis novel, cerita pendek dan puisi, juga belajar membuat film.

Lebih dari tiga dekade Gol A Gong telah bergelut dengan aktivitas keliterasian. Sejumlah prestasi dan penghargaan pernah diraihnya, seperti  Nugra Jasadarma Pustaloka pada 2007, Literacy Award, Anugerah Peduli Pendidikan, Tokoh Sastra Indonesia, Anugerah Kebudayaan Indonesia, Tokoh Penggerak Literasi, serta Penghargaan Literasi Antikorupsi dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Editor : Maspril Aries

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close