NASIONAL

Gernas Bulan K3 PTBA Bersih-Bersih Lingkungan

Dalam rangkla Gernas Bulan K3 – 2022 karyawan PTBA Tbk bersama stakeholder dan masyarakat umum melakukan kegiatan bersih-bersih di Tanjung Enim. 

EkbisNews.com, Lawang Kidul – Masih dalam suasana Gerakan Nasional (Gernas) Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) 2022 PT Bukit Asam (PTBA) Tbk  mengajak seluruh stakeholder dan masyarakat umum untuk peduli terhadap lingkungan.

Akhir pekan lalu karyawan PTBA Tbk bersama stakeholder diantaranya unsur Tripika Lawang Kidul, Mitra Kerja Perusahaan (kontraktor/sub kontraktor) hingga masyarakat umum untuk melakukan kegiatan bersih-bersih di sekitar jalan-jalan protokol Tanjung Enim dan di sekitar sungai Enim.

Selain kegiatan bersih-bersih lingkungan Gernas Bulan K3 PTBA juga dilakukan pemberian bantuan kepada guru honorer serta juga alat kelengkapan untuk membersihkan sungai dalam program Program kali bersih (Prokasih) melalui “Gerakan Sungai Enim Bersih.”

Yuhendri Wisra Manajer K3 PT Bukit Asam Tbk (PTBA) mewakili manajemen BUMN tambang batu bara tersebut menjelaskan bahwa Gernas Bulan K3 Tahun 2022 sudah dilakukan oleh PTBA sejak 12 januari lalu. Dimulai dari webinar, memberikan sembako dan program kali bersih (Prokasih) di sungai Enim.

Lihat Juga  Arviyan Arifin CEO Visioner BUMN Terbaik

“Dalam waktu dekat juga akan kembali membersihkan sungai mulai dari Desa Darmo sampai jembatan Tanjak dan akan melibatkan banyak pihak. Salah satu fokusnya adalah kebersihan sungai, karena kita ini akan membuat Tanjung Enim Kota Wisata, untuk itu tempat wisata itu tidak boleh kotor,” kata Yuhendri.

Menurut Yuhendri gerakan Prokasih ini bukan hanya sebatas di sungai ataupun anak sungai tapi juga lingkungan sekitar rumah. “Mari kita mulai dari lingkungan kita sendiri, dan jangan budayakan membuang sampah di sungai,” pesannya.

Sementara itu Camat Lawang Kidul Andrille Martin mengatakan, “Lingkungan termasuk sungai adalah tanggung jawab bersama. Termasuk juga tanggung jawab perusahaan sekitarnya, salah satunya ini adalah PTBA yang sangat konsen dalam mengatasi permasalahan sampah.”

Lihat Juga  488 Bola dari Bukit Asam untuk Sumsel

Andrille mengharapkan adanya PTBA dan perusahaam bisa memberi efek menuju ke hal yang baik, dimana setiap permasalahanya itu selalu ada solusi. PTBA termasuk di dalamnya, selain sampah juga memikirkan bagaimana mengelola lingkungan dengan baik dan bermanfaat. Contohnya penghijauan, dimana salah satunya menanam bambu sebagai sekat agar debu batubara tersaring agar tidak sampai ke masyarakat.

Salah seorang peserta Gernas Bulan K3 Ade Pranata karyawan PT Pama Persada Nusantara mengharapkan tumbuhnya kesadaran masyakat untuk tidak membuang sampah ke sungai.

“Oleh sebab itu, diharapkan, bisa ada penambahan bak sampah di beberapa titik sehingga masyarakat tidak lagi menjadikan sungai tempat membuang sampah. Ayo kita budayakan hidup bersih, jangan buang sampah sembarangan lagi,” katanya.

Editor : Maspril Aries

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button