NASIONAL

Gerak Cepat Tim Rescue Bukit Asam Bantu Korban Semeru

Tim Rescue PTBA membantu korban erupsi Gunung Semeru di Lumajang.

EkbisNews.com, Tanjung Enim – Gerak cepat dan tanggap dilakukan manajemen PT Bukit Asam (PTBA) Tbk pasca erupsi Gunung Semeru di Jawa Timur (Jatim) yang terjadi Sabtu (4/12). BUMN batu bara yang berpusat di Tanjung Enim tersebut langsung mempersiapkan dan mengirim bantuan dan tim rescue ke Kabupaten Lumajang, salah satu daerah terdampak bencana alam dari gunung tertinggi di Pulau Jawa tersebut.

Dalam siaran pers PTBA menjelaskan, bantuan yang dibawa bersama tim rescue, Senin (6/12) telah tiba di Lumajang. Tim ini sebelumnya, Ahad (5/12) telah dilepas General Manajer Pertambangan Tanjung Enim (PTE) PTBA Venpri Sagara yang didampingi Manajer Keuangan CSR PTBA Laurentius Agus Haryadi dan Spesialis Hubungan Pemerintah dan Media Sugandhi Syarif yang mewakili Manajer Humas PT Bukit Asam Tbk.

Menurut Venpri Sagara, tim gabungan rescue PTBA berjumlah 20 orang terdiri dari tim Search and Rescue, tim logistik, dan tim kesehatan yang terdiri dari dokter dan tenaga medis. Tim akan membantu pelaksanaan respon tanggap darurat, pemberian bantuan logistik, dan pemulihan kesehatan bagi masyarakat korban erupsi.

Lihat Juga  Tim “Rescuer” dan Bantuan PTBA Tiba di Sulbar dan Kalsel

Gerak cepat tanggap darurat dari tim rescue merupakan tindaklanjut dari petunjuk dan arahan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia melalui Direktorat Jenderal Mineral dan Batu Bara untuk membanyu penanganan korban erupsi gunung api Semeru di  Jawa Timur yang telah menimbulkan korban jiwa dan kerusakan rumah, bangunan/ gedung, kendaraan dan sarana prasarana lainnya.

Kepada anggota tim gabungan PTBA tersebut Venpri Sagara mengnyampaikan selamat menjalakan tugas mulia sebagai wakil perusahaan dalam upaya meringankan beban para korban erupsi gunung yang memiliki tinggi 3.676 meter diatas permukaan laut.

“Kepada seluruh anggota tim selalu menjaga kesehatan, tetap solid, dan jangan lupa shalat serta jaga kekompakan tim. Selain jangan lupa melakukan koordinasi dengan baik dengan anggota tim rescue lain yang juga memiliki tujuan sama yaitu membantu para korban. Semoga selamat sampai di tujuan serta dapat bertugas membantu masyarakat yang tertimpa musibah disana,” katanya.

Menurut General Manajer Pertambangan Tanjung Enim (PTE) PTBA, “Selama menjalankan tugas mulia hendaknya seluruh tim senantiasa menjaga nama baik perusahaan yang kita cintai ini,” pesannya.

Lihat Juga  PTBA Bedah 25 Rumah Warga di Ring 1

Sementara menurut Sugandhi, bantuan yang diberikan PTBA berupa kebutuhan pokok terdiri dari air mineral, makanan siap saji, terpal, selimut, dan jas hujan dengan total nilai bantuan sebesar Rp125 juta. “Juga disertakan bantuan obat-obatan dan keperluan medis seperti masker, obat hipertensi, dan salep luka bakar total senilai Rp76 juta,” ujarnya.

Menurut Sugandhi, 20 orang anggota tim rescue tersebut terbagi atas tim rescue 1 sebanyak 6 orang, tim rescue 2 sebanyak 6 orang, tim dokter dan paramedis sebanyak 4 orang, tim CSR sebanyak 2 orang, dan tim Humas sebanyak 2 orang. “Direncanakan tim rescue ini berada di lokasi erupsi Gunung Semeru selama kurang lebih satu minggu,” katanya.

Daftar anggota tim rescue :

Tim Rescue 1 : Halim Arahman (koordinator), Rusdan Sidik, Tri Agustian , Wahyu wendi, Diki kurniawan, Jaya apandi. Tim Rescue 2 : Purnomo Ipunk (koordinator),  Adhe Pranata, Tri Sutrisno, Martaleo, Joko pranyoto, Riskal Kharisandar

Tim medis dr Renal Yusuf, dr Yudi Kartasasmita, Ahmad Affandi, Fadil Hutomo. Tim CSR terdiri dari Junardi sebagai koordinator, dan Erizaldi.  Tim Humas terdiri dari Sugandhi Syarif dan Didi Priyono.

Editor : Maspril Aries

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button