LifeStyle

Dua Wartawan Mengirim “Alexa Rank”

Oleh : Maspril Aries
Wartawan Utama/ Penggiat Kaki Bukit Literasi

Alexa Rank memberikan informasi data statistik trafik visitor atau pengunjung pada suatu website/ media online/ situs yang disimpan dan dianalisa serta setiap hari oleh Alexa

Suatu hari tahun 2020, lupa bulan dan tanggalnya, Bung Firdaus Komar yang juga disapa “Firko” memperkenalkan media online yang dikelolanya bernama “Extranews.id.” Dalam pertemuan berikutnya, saya tantang untuk menaikan peringkat atau ranking Alexa Extranews.id dari puluhan ribu menjadi ribuan atau ratusan.

Hampir satu tahun kemudian, menjelang petang pada Selasa (8/6) Firko yang juga Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumatera Selatan (Sumsel) berkirim pesan via WA, isi pesan adalah foto tentang daftar peringkat media online “16 Besar Ranking Media Online Palembang” (Berdasarkan Data Alexa.com 4 Juni 2021).

Kemudian sahabat Aspani Yasland atau Bung AY dari www.Assajidin.com juga berkirim foto yang serupa tentang “20 Besar Peringkat Alexa Media Online Palembang Tanggal 10 Juni 2021.”

Dalam daftar urut peringkat Alexa tersebut, untuk peringkat lima besar adalah tidak berbeda. Peringkat pertama Sumeks.co lalu diikuti Palpres.com, Inten.news, Extranews.id dan Ekbisnews.com.” Salut kepada Firko dan Bung AY yang peduli dengan peringkat Alexa dalam pengelolaan media onlinenya.

Firko dan AY memahami arti penting Alexa sebagai alat ukur atau metrik untuk media online yang perlu diketahui publik, calon pemasang iklan investor dan mitra lainnya. Alexa Rank dapat berfungsi sebagai pengukur keberhasilan dan keefektifan dalam menyebarkan informasi sebuah website atau situs media online. Selain Alexa Rank untuk mengetahui pemeringkatan website atau situs bisa menggunakan Google Page Rank, Webometrics, 4ICU, Similarweb.com dan lain sebagainya.

Dalam “A Guide to Improving Your Alexa Rank” menjelaskan bagi mereka yang belum atau baru mengenal Alexa Rank. Alexa Rank merupakan metrik tunggal yang memberikan ringkasan singkat tentang kinerja situs atau media online milik anda atau milik Bung Firko dan Bung AY atau media online milik pesaing.

Apa Alexa Rank?

Alexa Rank atau ranking Alexa adalah perkiraan seberapa populer situs media online yang dikelola Bung Firko dan Bung AY atau yang anda kelola terhadap semua situs media online lain. Alexa Rank menjawab pertanyaan bagaimana kinerja website atau situs/ media online anda? Peringkat media online Bung Firko Bung AY tidak hanya bergantung pada lalu lintas situs Extranews.id dan Assajidin.com tetapi juga pada perubahan lalu lintas di situs/ website dan media online lain.

Lihat Juga  Jurnalisme Kloning dan Kegusaran Bung Firko

Alexa Rank pertama kali diperkenalkan tahun 1998, merupakan salah satu anak perusahaan Amazon.com yang menggunakan data trafik web untuk membuat daftar website paling populer. Secara harfiah, Alexa Rank memberi peringkat jutaan website/ situs dalam urutan popularitas. Menurut blog resmi Alexa, semakin rendah peringkat sebuah website dalam daftar Alexa Rank, maka tingkat popularitas website tersebut kian tinggi.

Mengutip  R. Widayanti dan DS. Utsalina dalam “Analisis Situs Web Perusahaan Jasa Pengiriman Barang Menggunakan Perangkat Pemeringkatan Alexa” (2015), Alexa Rank secara terminologi adalah nama situs yang memberikan berbagai informasi mengenai kualitas situs lain ataupun website maupun blog, dan Rank berarti ranking atau peringkat.

Jadi, Alexa Rank diartikan sebagai proses ranking mengenai kualitas suatu situs web yang di aplikasikan oleh alexa.com berdasarkan tolak ukur tertentu. Alexa Rank dapat mengukur kualitas website melalui alexa.com yaitu website resmi dari Alexa Rank.

Dalam sebuah diskusi di grup WA tempat berhimpunnya para jurnalis, ada yang tidak percaya daftar ranking atau peringkat versi Alexa tersebut dengan berbagai alasan. Saya berpikir itu hak merek mau percaya atau tidak. Juga ada yang bertanya, bagaimana Alexa mendapatkan data untuk media massa online yang jumlahnya ribuan bahkan puluhan ribu di Indonesia?

Pada panduannya, Alexa menjawab bahwa mereka memiliki panel data lalu lintas besar yang terdiri dari jutaan orang di seluruh dunia. Berdasarkan data dari sampel ini, Alexa memperkirakan jumlah pengunjung ke semua situs di internet (bukan hanya media online). Ini adalah penghitungan rumit yang melibatkan koreksi bias serta mengidentifikasi dan membuang lalu lintas palsu atau spam.

Bagaimana Alexa menghitung dan menyusun peringkat situs tersebut? Setiap hari, Alexa memperkirakan rata-rata pengunjung harian dan tampilan halaman ke setiap situs selama tiga bulan terakhir.

Bagi pengelola media online juga mereka yang bekerja di bidang teknologi informasi (TI) Alexa kerap dijadikan acuan untuk melihat trafik pembaca sebuah situs atau website. Bukan hanya di lingkungan media online, dalam komunitas blogger Alexa Rank juga menjadi acuan menentukan kepopuleran sebuah situs.

Alexa Rank memberikan informasi data statistik trafik visitor atau pengunjung pada suatu website/ media online/ situs yang disimpan dan dianalisa serta setiap hari oleh Alexa. Kemudian diurutkan berdasarkan peringkat (ranking) untuk setiap masing-masing situs. Semakin kecil ranking/ peringkat pada Alexa sebuah website/ media online/ situs semakin menjadi pertanda jumlah visitor-nya semakin banyak. Alexa menerbitkan ranking secara global/ dunia dan peringkat menurut negara.

Lihat Juga  Buku Sang Jendral  “Perang” di Lahan Gambut

Popularitas atau peringkat bagi sebuah website sangatlah berpengaruh, semakin tinggi popularitas atau peringkat website akan mampu meyakinkan para visitor/ pembaca untuk mengunjungi laman website tersebut. Untuk meningkatkan popularitas atau peringkat website butuh strategi dan keseriusan dalam mengelola website/situs atau portal berita/ media online.

Mempopulerkan sebuah situs bukanlah pekerjaan instan. Membutuhkan waktu, proses, persistensi, pengetahuan dan kreativitas. Di alam maya ada berjuta atau bermiliar mungkin sudah mencapai triliun website/ situs dan blog telah hadir di muka bumi dengan beragam konten.

Jika anda mengelola website atau situs media online maka trafik menjadi salah satu tolak ukur keberhasilan dalam mengelola situs. Trafik adalah adalah penentu kelangsungan hidup sebuah situs di internet. Apalagi jika itu situs bisnis dan e-commerce. Bisa dibayangkan tanpa ada trafik situs mereka, artinya sama dengan tidak adanya penjualan. Itu berarti situs telah terbenam di komplek pemakaman dotcom. Untuk menaikan trafik atau memperbanyak visitor tidaklah semudah membalikan telapak tangan.

Bagi siapa pun yang ingin berpromosi atau memasangkan iklan produk dan keberhasilannya di media online sudah saatnya menggunakan rujukan pada Alexa Rank. Mudah untuk mengetahui sebuah media online yang menawarkan pemasangan iklan ke atas meja kerja anda. Bisa diklik pada toolbar Alexa pada laman website media online tersebut.

Jika sebelumnya tersebar isu, media yang belum terverifikasi Dewan Pers tidak akan bisa menjalin kerja sama kontrak media dengan pemerintahan, baik provinsi maupun kabupaten/kota. Kini semakin banyak media terverifikasi maka “kue iklan” yang besarnya tetap di lingkungan government dibagi atau diperebutkan oleh media online yang jumlahnya terus bertambah. Maka ke depan tidak salah untuk mencoba menerapkan standar Alexa Rank untuk memberikan “kue iklan” terbatas kepada media online dengan Alexa Rank 10.000 ke bawah.

Dengan memberlakukan standar Alexa Rank tersebut diharapkan semakin banyak media online terpacu memperbaiki peringkatnya dengan menghasilkan konten asli yang menarik, informasi berkualitas, mencerdaskan pembacanya dan sering diperbarui sehingga memberikan nilai nyata bagi pembacanyanya. Konten berkualitas juga dihargai oleh mesin pencari seperti Google. Otomatis semakin banyak pembaca atau visitor sebuah media online maka pesan yang akan disampaikan melalui iklan akan tersebar kepada banyak orang. ∎

Editor : MA

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button