NASIONAL

DPK dan Dinkominfo Kolaborasi Terapkan Aplikasi SIKD di Muba

EkbisNews.com, Sekayu — Inovasi tiada henti terus dilakukan Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) di dunia digital menuju Musi Banyuasin (Muba) Smart Regency.

Dalam rangka implementasi sistem pemerintahan berbasis elektronik Dinas Perpusatakaan dan Kearsipan (DPK) Kabupaten Muba menggandeng Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) menerapkan Sistem Kearsipan Elektronik melalui aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis (SIKD)

“SIKD akan diterapkan di seluruh organisi perangkat dinas yang ada di Kabupaten Muba,” kata Dicky Meiriando sekretaris Kepala Dinkominfo mewakili Kepala Dinkominfo Herryandi Sinulingga, Jumat (23/8).

Penjelasan tersebut disampaikan Dicky Meiriando saat kunjungan tim monitoring dan evaluasi Dinas Kearsipan Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) bersama DPK Muba ke kantor Dinkominfo Muba, Jumat (23/8).

Lihat Juga  PLN Harus Rela Kehilangan Pelanggan Industri Akibat Peraturan Daerah

Menurut Kepala Seksi Pengawasan Perangkat Daerah Dinas Kearsipan Provinsi Wina Afrida, kunjungannya ke Muba dalam rangka uji petik penerapan SIKD.

“Saya lihat di Dinkominfo Muba ini SIKD-nya sudah berjalan. Dari segi infrastruktur semua sudah disediakan oleh Dinkominfo Muba untuk mendukung SIKD. Kedepan, kami harap SIKD ini segera bisa diterapkan di seluruh perangkat daerah di Muba,” kata Wina Afrid.
Sementara itu Dicky Meiriando menjelaskan, Dinkominfo Muba telah berkolaborasi dengan DPK Muba dalam menerapkan Aplikasi SIKD. “Server dan jaringan intranet maupun internet untuk SIKD sudah disiapkan Dinkominfo. Untuk penerapan aplikasi SIKD ke seluruh perangkat daerah kami sudah menyediakan jaringan yang terkoneksi semua seluruh perangkat daerah melalui jalur fiber optik. Sudah siap untuk digunakan.”

Lihat Juga  Pejabat BNI Bobol Rekening Nasabah Senilai Rp 124 miliar

Menurut Apriyadi Sekretaris DPK Muba, DPK akan terus melakukan koordinasi dengan Dinas Kearsipan Provinsi Sumsel dan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) untuk melakukan penyempurnaan dari aplikasi SIKD, juga terkait jaringan dan keamanan informasi.

“DPK dan Dinkominfo Muba bersama-sama melakukan pembinaan dalam rangka penerapan SIKD di perangkat daerah lainnya. Pada 9-24 September nanti, DPK Muba akan melaksanakan audit internal kearsipan di seluruh perangkat daerah,” ujar Apriyadi.

Editor : Maspril Aries

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button