Syariah

Donasi Muba Sudah Tiba di Az-Zawaida Palestina

EkbisNews.com, Sekayu — Kekejaman zionis Israel terhadap warga Palestina sampai kini masih terus berlangsung. Pemerintah Israel terus membangungan permukiman permananen bagi warganya di tengah kecaman dunia internasional. Pemerintah zionis terus menghancurkan rumah-rumah warga Palestina dengan berbagai alasan.

Sikap Israel tersebut mendapat reaksi keras Pemerintah Indonesia yang menentang secara tegas pernyataan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Mike Pompeo yang menyebut permukiman Israel di wilayah Palestina tak lagi ilegal.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyatakan, permukiman ilegal Israel di Tepi Barat, Palestina, bertentangan dengan hukum internasional dan berbagai resolusi Dewan Keamanan PBB.

Di tengah kekejaman Israel terhadap warga Palestina yang menderita mendapat perhatian dari Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) dan warganya. Untuk menolong penderitaan saudara sesama muslim di Palestina, Bupati Muba Dodi Reza Alex menginisiasi menghimpun donasi dan bantuan untuk Palestina. Bupati Muba Dodi Reza bersama KNRP (Komite Nasional untuk Rakyat Palestina) menggelar konser amal Palestina di Sekayu September lalu.

Kini hasil dari donasi aparatur sipil negeri (ASN) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muba dan warga Muba telah tiba di Kota Az-Zawaida, Palestina.

Lihat Juga  Hagia Sophia 567 Tahun Kemudian

“Saya sudah dihubungi Wali Kota Az-Zawaida Ayman Sulaiman Salam Abu Sweireh yang melaporkan bantuan dari Muba sudah tiba di Gaza dan sangat berdampak baik bagi kelangsungan hidup warga Gaza. Warga Palestina menyampaikan ucapan terima kasih kepada warga Muba. Bantuan yang kita kirim sangat bermanfaat bagi saudara kita di Palestina,” kata Bupati Muba Dodi Reza Alex.

Dodi Reza Alex menjelaskan, donasi lebih dari Rp1 miliar dari ASN dan warga Muba tersebut telah dimanfaatkan memperbaiki penerangan jalan, pembangunan klinik kesehatan, distribusi makanan dan pakaian layak bagi warga Gaza, Palestina.

Dalam siaran pers Humas Pemkab Muba menyebutkan, donasi untuk Palestina atas inisiasi Bupati Dodi Reza Alex tersebut mendapat apresiasi dari ulama dan tokoh umat Islam di Sumatera Selatan (Sumsel). Apresiasi dan dukungan datang dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sumsel, Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI) Sumsel, dan sivitas akademika Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang.

Menurut Ketua Umum MUI Sumsel Aflatun Muchtar melalui Sekretaris Umum MUI Sumsel KH Ayik Farid Alaydrus, donasi dari Pemkab Muba dan Warga Muba kiranya dapat menjadi acuan dan motivasi bagi pemerintah dan warga kabupaten dan kota lainnya di Sumsel.

Lihat Juga  Bupati Dodi Reza Alex Lepas Mahasantri Kuliah ke Mesir, Rusia, Korea dan Hungaria

“Donasi untuk Gaza ini sangat tepat direalisasikan. Kami MUI Sumsel mengapresiasi apa yang sudah dilakukan Bupati Muba Dodi Reza yang mengajak ASN dan warganya untuk menyisihkan pendapatan untuk membantu umat muslim di Gaza Palestina,” kata Ayik Farid.

Senada dengan Ketua Umum ICMI Sumsel Anis Saggaff. Menurut Anis SaggaffIa yang juga Rektor Universitas Sriwijaya (Unsri) mengaku telah mendapat informasi bahwa hasil donasi Muba sudah tersalurkan ke Gaza untuk pembangunan infastruktur dan kepentingan lainnya. “ICMI sangat berkesan dan mengapresiasi program donasi yang diprakarasi Bupati Muba Dodi Reza Alex,” katanya.

Sementara itu Rektor UIN Raden Fatah Sirozi mengatakan, “Kalau hasil donasi yang dilakukan Pemkab dan warga Muba ini dapat diikuti oleh kabupaten dan kota lainnya di Sumsel tentu beban warga Gaza Palestina akan berkurang. Kami sangat mengapresiasi inisiasi Bupati Dodi Reza.”

Editor : Maspril Aries

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button