NASIONAL

Dinas PUPR Musi Banyuasin Perbaiki Jalan Rusak

EkbisNews.com, Sekayu – Sejumlah ruas jalan kabupaten yang rusak di Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) mendapat perhatian Bupati Muba Dodi Reza Alex yang mengsintruksikan Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) setempat melakukan perbaikan dengan tanggap darurat atas kerusakan jalan di daerah itu.

Dalam siaran pers Pemkab Muba, diantara ruas jalan yang mulai diperbaiki Dinas PUPR Muba berada di Desa Tanjung Keputran Kecamatan Plakat Tinggi tepatnya pada ruas jalan penghubung antara Desa Tanjung Keputran (B5) menuju Desa Sialang Agung (C2).

FOTO : HUMAS PEMKAB MUBA

Kepala Dinas PUPR Kabupaten Muba Herman Mayori melalui Kepala Bidang Preservasi Jalan dan Jembatan Irfan menjelaskan, ruas jalan yang rusak mulai diperbaiki dengan penanganan yang bersifat sementara minimal masyarakat pengguna jalan bisa mengakses jalan tersebut. “Seperti perbaikan yang telah dilakukan di Desa Keputran (B5) dan kembali rusak akan kita tindaklanjuti dengan perkerasan batu krokos,” katanya.

Menurut Irfan, sebelumnya telah dilakukan perbaikan, dengan pembuangan lumpur dan pembuatan saluran drainase. “Material Krokos baru datang hari ini dan kita langsung melakukan perkerasan jalan tersebut. Perbaikan ini sebatas penanggulangan sementara jadi bukan bersifat permanen seperti cor beton,” ujarnya, Ahad (16/2).

Lihat Juga  Muba Sekarang Punya Perda Pengarusutamaan Gender

Irfan menjelaskan, pada musim hujan saat ini, kerusakan jalan tidak hanya pada ruas jalan Desa Tanjung Keputran saja. Tim Preservasi Jalan dan Jembatan juga sedang memperbaiki ruas jalan dari Sp. Pauh (Keluang) – Sp. Selabu, Ruas Jalan Poros Sp. KUD Trijaya – Tanjung Agung Selatan dan Ruas Jalan Sekayu – Teladan – Sp. Supat.

“Sekarang semua alat berat Dinas PUPR berada di lokasi tersebut sehingga perpindahan alat dari lokasi ke lokasi lainnya butuh waktu,” ujar Kepala Bidang Preservasi Jalan dan Jembatan PUPR Muba.

Sementara Itu Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza Alex menjelaskan bahwa infstruktur jalan di kabupaten Musi Banyuasin semuanya menjadi super prioritas yang akan kita tuntaskan. “Saya minta kepada Dinas PUPR untuk menginventarisir seluruh jalan-jalan kabupaten yang rusak di seluruh Kabupaten Musi Banyuasin. Akan kita tindaklanjuti dengan pembangunan infrastruktur jalan sesuai dengan harapan kita bersama,” katanya.

Lihat Juga  Doktor Dodi Reza Alex : Jejaring Kebijakan KEK Tanjung Api-Api Belum Efektif

Menurut Dodi pembangunan dan perbaikan jalan tersebut membutuhkan waktu dan biaya yang tidak sedikit. “Pemkab Muba bersama DPRD akan membahas dan mendiskusikan solusi serta terobosan terobosan yang akan kita ambil untuk mempercepat pembangunan jalan kabupaten di Musi Banyuasin,” katanya.

Setelah ruas jalan tersebut diperbaiki, Irfan meminta agar masyarakat untuk bersama -sama menjaga kondisi jalan yang ada. Misal pada saat setelah hujan, mobil-mobil berat yang membawa buah sawit bisa menunggu dulu sampai kondisi jalan kering dan muatannya bisa dikurangi dari biasanya sehingga perbaikan jalan yang kami lakukan bisa bertahan lebih lama sambil menunggu dilakukan peningkatan jalan yang bersifat permanen.

Editor : Maspril Aries

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button