BisnisEKONOMI

CSR Sukses OKI Pulp Raih “Top CSR Award” dan “Top Leader on CSR Commitment” 2022

Pabrik PT OKI Pulp & Paper Mills di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI)

EkbisNews.com, Jakarta –  PT OKI Pulp & Paper Mills (PT OKI Pulp) adalah salah satu perusahaan yang Program CSR (Corporate Social Responsibility) sukses sehingga meraih penghargaan pada 2022.

PT OKI Pulp produsen pulp dan kertas yang beroperasi di wilayah Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) Sumatera Selatan dinilai sukses dalam menjalankan program CSR-nya sehingga meraih Top CSR (Corporate Social Responsibility) Award 2022 level “Sangat Baik” (Kategori Bintang 4) dan “Top Leader on CSR Commitment 2022”

PT OKI Pulp yang merupakan unit usaha Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas berhasil meraih Top CSR (Corporate Social Responsibility) Award 2022 setelah tim juri menilai program CSR perusahaan berdasarkan pada penerapan ISO 26000, Good Corporate Governance, dan keselarasan program CSR dengan strategi bisnis perusahaan.

“Penghargaan ini menjadi salah satu bentuk apresiasi atas komitmen kami dalam menjalankan berbagai program CSR di PT OKI Pulp & Paper Mills secara konsisten dan berkelanjutan, serta berupaya memenuhi standar global penerapan CSR,” kata CSR Head OKI Pulp Gadang H Hartawan, Jumat(1/4).

Menurut Gadang dalam penerapan program CSR PT OKI Pulp & Paper Mills tidak hanya sekadar memenuhi ketentuan ISO 26000 dan aspek lingkungan, tapi juga memperhatikan aspek CSV (Creating Shared Value), dan keselarasan CSR untuk mendukung bisnis perusahaan agar tumbuh berkelanjutan.

“Selama masa pandemi Covid-19 PT OKI Pulp juga menyesuaikan dengan situasi yang ada. Saat negara mengalami kelangkaan oksigen, kami hadir mendonasikan oksigen ke beberapa daerah yang membutuhkan,” ujar Gadang.

Direktur PT OKI Pulp & Paper Mills Suhendra Wiriadinata. (FOTO : Maspril Aries)

Berbagai inisiatif CSR di APP Sinar Mas menurut Gadang Hartawan tidak akan dapat berjalan tanpa dukungan dan komitmen dari top management. Oleh karenanya top leader PT OKI Pulp & Paper Mills juga mendapat penghargaan sebagai “Top Leader on CSR Commitment 2022” kepada Suhendra Wiriadinata.

Dengan capaian prestasi tersebut Gadang mengungkapkan, “Kami percaya untuk menjadi perusahaan yang tetap menjalankan bisnisnya secara berkelanjutan harus mampu memberikan keuntungan tidak hanya bagi pihak yang terlibat langsung dalam bisnis, tetapi juga bagi masyarakat dan aspek lainnya seperti lingkungan.”

Untuk penjurian penghargaan TOP CSR Awards 2022 dinilai berdasarkan keselarasan inisiatif CSR terhadap strategi bisnis perusahaan, tingkat adopsi kebijakan dan program CSR terhadap ketentuan ISO 26000:2010, sistem tata kelola CSR (terkait perencanaan, pelaksanaan, monitoring, pelaporan, dan lain-lain), tingkat adopsi CSR terhadap konsep CSV (Creating Shared Value), CSR unggulan yang dapat menjadi contoh atau dapat direkomendasikan kepada perusahaan lain.

PT OKI Pulp & Paper Mills adalah merupakan perusahaan produsen pulp dan kertas dengan pabrik di wilayah Kabupaten OKI. Pabrik ini berdiri sejak 2012 dan mulai beroperasi tahun 2017.

“Saat ini PT OKI Pulp ini merupakan salah satu dari sepuluh industri Pulp terbesar di dunia. Dengan kapasitas besar pabrik ini berdiri di wilayah remote area. PT OKI Pulp berdiri di wilayah yang waktu itu benar-benar remote tidak ada akses ke arah sana, hanya mengandalkan sungai, di sanalah kami memulai kegiatan,” kata Gadang Hartawan saat dilakukan sesi penjurian Top CSR Awards 2022.

Menurut Gadang, visi PT OKI Pulp adalah menjadi yang terdepan pada industri pulp dan kertas, dengan memberikan yang terbaik bagi pelanggan, masyarakat, para karyawan serta pemangku kepentingan secara bertanggung jawab dan berkelanjutan. “Kami ingin perusahan ini sustainable sampai ke depannya,” ujarnya.

Editor : Maspril Aries

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button