NASIONAL

Bupati Muba Salurkan Bantuan Sosial Rp21,7 Miliar kepada 1.146 KK

EkbisNews.com, Sekayu – Bupati Musi Banyuasin (Muba) Dodi Reza Alex mulai menyalurkan bantuan untuk meringankan beban warga terdampak pandemi terdampak Covid-19. Senin (15/5) bantuan sosial tunai APBD Muba tahun 2020 disalurkan kepada 18.146 kepala keluarga (KK) yang tersebar pada 240 desa dan kelurahan di Kabupaten Muba.

“setiap KK mendapatkan bantuan sosial tunai sebesar Rp400.000 selama tiga bulan. Dana bantuan ini bersumber dari APBD Muba dengan total bantuan sebesar Rp21.775.200.000,” kata Bupati Dodi Reza Alex pada peluncuran Bantuan Sosial Tunai APBD Kabupaten Muba Tahun 2020 untuk Masyarakat terdampak Covid-19 di Kantor Cabang BRI Sekayu.

Warga penerima bantuan sosial tunai dari APBD Muba tersebut diperuntukkan bagi warga Muba yang berada diluar Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang selama ini mendapatkan bantuan melalui Program Keluarga Harapan (PKH) dari Kementerian Sosial.

Menurut Dodi, dari hasil inventarisir data Dinas Sosial Muba jumlah keluarga penerima bantuan sosial (Bansos) jaring pengaman sosial (JPS) seluruhnya 101.099 KK yang akan mendapatkan bantuan terdampak Covid-19.

“Untuk bantuan sosial tunai APBD Kabupaten Muba Tahun 2020 penyalurannya melalui bank. Pemerintah Kabupaten Muba bekerjasama dengan Bank BRI dalam penyalurannya melalui e-Warung atau BRI Link,” ujarnya.

Lihat Juga  Alex Noerdin Kembali ke Palembang Syukuran Bersama Pendukung

Bupati Muba juga memastikan dalam penyaluran bantuan menerapkan sistem kesesuaian data tentang nama dan alamat atau by name and by address, sehingga tidak tumpang tindih dan benar-benar tepat sasaran.

Dodi menjelaskan, bantuan untuk warga terdampak Covid-19 di Muba tidak hanya mengandalkan bantuan sosial tunai APBD Kabupaten Muba, ada juga bantuan langsung tunai dan bantuan dari Dana Desa.

“Guna mengakomodir warga yang belum terdata karena terdampak Covid-19 Pemkab Muba juga menyiapkan Bansos cadangan untuk 15 ribu lebih KK. Jadi dipastikan tidak ada warga Muba yang terdampak Covid-19 yang tidak mendapatkan bantuan,” kata bupati peraih gelar doktor dari Fisip Universitas Padjadjaran (Unpad).

Sementara itu Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Sosial Muba Ahmad Nasuhi menjelaskan, pencairan bantuan sebesar Rp400.000 dari APBD Muba hari ini resmi disalurkan dan pencairan melalui sistem e-warung atau BRI Link. “Pencairan dilakukan serentak dengan mengacu data yang sudah kita terima dari penerima sembako Kementerian Sosial total 18.146 kepala keluarga penerima,” katanya.

Ahmad Nasuhi menjelaskan, bantuan kepada warga terdampak Covid-19 Pemkab Musi Banyuasin memberikan bantuan sosial yang bersumber dari APBN dan APBD, antara lain bantuan yang bersumber dari Kemensos (1) Program Keluarga Harapan (PKH), (2) Sembako/Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), dan (3) Bantuan Langsung Tunai (BLT).

Lihat Juga  Antusias Warga Palembang Sambut Kedatangan Prabowo Subianto di Palembang

Bantuan yang bersumber dari Kemeterian Desa berupa BLT Dana Desa dan Pemerintah Kabupaten Muba memberikan bansos yang bersumber dari APBD, diantaranya (1) Bansos APBD Tunai, (2) Subsidi listrik PT. MEP dan PDAM, (3) Bansos Beras, dan (4) Bansos Top Up Sembako/BPNT sebagai tambahan senilai Rp.400.000/ kk.

“Semua bantuan ini didistribusikan secara bertahap untuk 3 bulan ke depan, kecuali bansos PKH dan BPNT Kemensos yang dibayarkan rutin setiap bulannya,” ujar Ahmad Nasuhi.

Elisabet Primasari pimpinan cabang BRI Sekayu mengatakan, “Bank BRI sangat siap untuk mendistribusikan bantuan Pemkab Muba tersebut. BRI Sekayu siap untuk mendistribusikannya sesuai dengan data yang diberikan Pemkab Muba kepada warga terdampak Covid-19 ini.”

Erni, 53 tahun seorang warga penerima bantuan sosial tunai APBD Muba dari Serasan Jaya Kecamatan Sekayu mengaku sangat terbantu dan berterimakasih kepada Bupati Dodi Reza Alex yang memberikan bantuan sebesar Rp400.000 dan telah diterima melalui rekening BRI. “Bantuan ini bisa meringankan beban kami sehari-hari, setidaknya bisa mencukupi untuk makan dan minum sekeluarga,” katanya.

Editor : Maspril Aries

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button