NASIONAL

Bupati Muba Instruksikan Perbanyak Kanal di Bayung Lencir

EkbisNews.com, Sekayu – Antisipasi dan pencegahan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) menjadi perhatian serius Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba). Pencegahan karhutla menjadi perhatian Bupati Muba Dodi Reza Alex.

Dalam siaran pers Humas Pemkab Muba, Bupati Dodi Reza Alex menginstrusikan pembangunan kanal di daerah rawan karhutla khususnya di Kecamatan Bayung Lencir. PR besar Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin ke depan adalah mencegah dan meminimalisir karhutla agar tidak terulang kembali.

“Pencegahan karhutla terus disosialisasikan dan dilakukan sesuai arahan Bupati Dodi Reza. Meski sudah memasuki musim penghujan, BPBD Muba beserta stakeholder terkait mulai menyusun strategi dan upaya-upaya pencegahan karhutla,” Kepala BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Muba Indita Purnama.

Lihat Juga  Guru Muba Sejahtera Dodi Reza Alex Dapat Anugerah Dwija Praja Nugraha

Indita Purnama menjelaskan, berdasarkan hasil survei rencana pembuatan kanal atau sodetan karhutla melalui melalui DSP pusat akan dilakukan di Bayung Lincir Desa Muara Medak dengan melibatkan tim dari BNPB, BPBD, Camat/Kades, KPHP, Danramil/Babinsa.

“Dari hasil survei tim mengambil koordinat Sungai Perjudian, Sungai Muara Merang, Sungai Medak dengan kedalaman sungai yang akan menjadi titik nol pelaksanaan sodetan atau kanal,” ujarnya.

Indita Purnama menjelaskan, alternatif titik nol antara Sungai Perjudian dan Sungai Merang. “Kanal atau sodetan tersebut nantinya akan mengcakup Dusun 7, Dusun 5, dan Pal 6 – 10,” katanya.

Sementara itu menurut Bupati Muba Dodi Reza Alex pembuatan kanal ini merupakan langkah konkrit agar karhutla tidak terulang kembali di Muba. “Jauh-jauh hari sudah kita siapkan berbagai perencanaan, jangan sampai terjadi karhutla dulu baru mau cari solusi,” kata kandidat doktor Administrasi Publik dari Universitas Padjadjaran (Unpad).

Lihat Juga  Dampak Corona, Harga Gula Tebus 20 ribu/kg

Selain di Kecamatan Bayung Lencir menurut Dodi, pembuatan kanal nantinya tidak hanya difokuskan di Bayung Lencir namun juga daerah lainnya yang rawan karhutla dan termasuk meminimalisir banjir di Muba akan menjadi prioritas juga.

“Fokus kita agar karhutla tidak terjadi lagi, warga Muba dapat aman dan nyaman. Mari kita jaga hutan adalah aset bagi generasi penerus kita ke depan,” ujar Bupati Muba.

Editor : Maspril Aries

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button