NASIONAL

Bupati Muba Dodi Reza Turun Langsung Padamkan Karhutla

EkbisNews.com, Bayung Lencir — Bupati Musi Banyuasin (Muba) Dodi Reza Alex turun langsung melihat lokasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di daerahnya. Bersama Kasdam II/Sriwijaya Brigjen TNI Syafrial dan Danlanud Palembang Kol Pnb Heri Sutrisno SIP meninjau upaya pemadaman di Dusun Pal 2 Desa Muara Medak Kecamatan Bayung Lencir.

Dengan berjalan kaki sejauh satu kilometer Bupati Muba dan rombongan mendatangai lokasi titik api, Senin (23/9). Setelah melewati medan sulit, Bupati Dodi Reza dengan bersemangat turut serta memadamkan api karhutla bersama anggota TNI yang memadamkan api di lokasi tersebut. Dodi ikut membantu memadamkan api yang membara membakar lahan.

Lihat Juga  Genjot Produksi, PTBA Bangun Pelabuhan Batu Bara Baru

Di lokasi kebakaran Bupati Muba meminta perusahaan perkebunan di areal tersebut untuk menambah unit alat berat guna membuat sekat atau pembatas agar api karhutla tidak meluas. Perusahaan di wilayah sekitar titik api telah menyiapkan lima unit alat berat untuk membuat sekat pembatas api karhutla.

“Tambahan alat berat untuk mempercepat proses pemadaman. Saya minta tambah menjadi 15 unit agar proses pembuatan sekat lebih cepat dan maksimal,” katanya.

Kepada Kepala Dinas Kesehatan Muba, Bupati Dodi menginstruksikan mempersiapkan rumah oksigen. “Ini sebagai bentuk antisipasi kalau ada anak-anak atau warga yang terkena ISPA,” ujarnya.

Lihat Juga  Pertamina Tambah Fasilitas Kilang Cilacap

Dalam kunjungan tersebut Bupati Muba Dodi Reza Alex juga membawa bantuan logistik sebanyak satu ton untuk Desa Muara Merang dan Muara Medak.

Sementara itu Kasdam II/Sriwijaya Brigjen TNI Syafrial mengatakan, “Perhatian Bupati Muba Dodi Reza terhadap karhutla di wilayah Muba sangat all out. Kami sangat apresiasi Bupati Muba yang sangat maksimal dalam upaya pemadaman karhutla. TNI juga akan menambah pasukan untuk memadamkan api.”

Editor : Maspril Aries

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button