NASIONAL

Bupati Muba Bantu Veteran dan Janda Veteran Rp1.800.000/ Orang

EkbisNews.com, Sekayu – Perhatian Bupati Musi Banyuasin (Muba) Dodi Reza Alex terhadap warganya yang terdampak pandemi Covid-19 tak kunjung henti. Kali ini para anggota veteran dan janda veteran di daerah itu mendapat bantuan sosial tunai (BST).

Selasa (23/6) Bupati Dodi Reza Alex bertemu langsung dengan para 73 orang veteran dan janda veteran yang tergabung dalam Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Kabupaten Muba. Dalam siaran pers Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Muba menyebutkan, Bupati Muba menyerahkan bantuan sosial tunai sebesar Rp1.800.000/ orang untuk waktu tiga bulan.

Untuk para veteran dan janda veteran tersebut Dodi Reza Alex yang mendapat Tanda Kehormatan Bintang Legiun Veteran mengalokasikan anggaran sebesar Rp131.400.000. Dana tersebut meringankan beban hidup 73 veteran dan janda veteran di Muba.

“Mereka ini orang tua kita, sangat terdampak pula akibat pandemi covid-19. Sudah sepantasnya dan tugas pemerintah memuliakannya. Untuk itu selain Bantuan Sosial Tunai Pemerintah Kabupaten Muba juga akan menambah honorarium dari Rp300.000 per bulannya menjadi 2 juta per bulan. Juga akan membebaskan 100 persen tagihan listrik, PDAM dan fasilitas kesehatan seumur hidup,” kata cucu pejuang Noerdin Pandji itu.

Lihat Juga  Kinerja Positif PTBA, Kuartal III - 2020 Cetak Laba Rp1,7 Triliun

Kepada para veteran Dodi mengungkapkan, dirinya terinspirasi berita nasional yang mengatakan, “Nasib seorang veteran harus kita hargai lebih dari yang sekarang dan ini merupakan pembuktian kita sebagai generasi penerus bangsa yang tidak pernah melupakan jejak sejarah bangsa dan perjuangan.”

Menurut Dodi, pada usia yang renta para veteran dan janda veteran sangat membutuhkan bantuan, terlebih untuk kebutuhan hidup sehari-hari. “Apalagi bagi mereka yang sudah tidak punya siapa-siapa lagi untuk menggantungkan hidup sehari-hari, jasa mereka memperjuangkan negara ini tidak ada yang bisa membalasnya,” ujarnya.

Kepada para veteran Bupati Muba berpesan agar para veteran dan janda veteran untuk mengurangi aktivitas di luar rumah serta selalu menjaga kebersihan dan menggunakan masker saat berada di luar ruangan. “Hindari aktivitas berlebihan di luar rumah, usia lanjut sangat rentan dengan wabah Covid-19 dan selalu jaga kebersihan diri dan kesehatan,” katanya.

Lihat Juga  Chevrolet Pamit dari Indonesia

Sementara itu Ketua LVRI Muba Mayor Art Purn Kamaluddin merasa bersyukur dengan bantuan yang diberikan Bupati Muba Dodi Reza Alex. “Bantuan ini sangat berguna. Bupati memang sangat peduli dan mengayomi para veteran. Pemimpin yang benar-benar memperhatikan seluruh lapisan masyarakatnya,” katanya.

Menurut Kamaluddin, perhatian Bupati Muba terhadap para veteran bukan hanya saat ini. “Program Bupati Dodi Reza banyak yang sangat bermanfaat bagi kami para veteran. Bahkan akan membantu anggaran operasional kantor Legiun Veteran Muba,” ujarnya.

Menurut Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Sosial Kabupaten Muba Ahmad Nasuhi, bantuan yang disalurkan sebesar Rp131.400.000 yang berasal dari APBD Muba untuk 73 orang veteran dan janda veteran se-Kabupaten Muba. “Terdiri dari 11 orang veteran dan 62 janda veteran,” ujarnya.

Editor : Maspril Aries

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button