Syariah

Bupati Dodi Reza Galang Dana Wakaf Pembelian Bangunan Masjid di Belgia

Gandeng LAZISNU dan LAZISMU

FOTO : IG@dodirezaalexnoerdin

EkbisNews.com, Sekayu – Rencana diaspora muslim Indonesia yang bermukim di Belgia membangun dan memiliki sebuah masjid di negara tersebut mendapat dukungan dari Bupati Musi Banyuasin (Muba) Dodi Reza Alex.

Usai menggalang donasi untuk Palestina Jilid II yang hingga Ahad (23/5) terkumpul Rp250 juta, kini Bupati Dodi Reza Alex yang pernah mengecap pendidikan di Belgia menginisiasi penggalangan dana wakaf untuk pembelian bangunan masjid di Belgia.

Dodi Reza Alex yang pernah menjabat Ketua Umum Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) di Belgia 1994-1996 tergerak melakukan penggalangan dana wakaf yang kini tengah dibutuhkan untuk membeli lokasi tanah dan bangunan itu berada di St Pieters Leeuw, Brussel, Ibu Kota Uni Eropa. Luas tanahnya 532 meter persegi dengan luas bangunan 530 meter persegi.

Dalam menggalang dana tersebut dari umat Islam di Indonesia khususnya di Sumatera Selatan (Sumsel) dan Musi Banyuasin (Muba) Bupati Muba menggandeng LAZISNU dan LAZISMU (Muhammadiyah).

“Untuk pembelian gedung masjid tersebut membutuhkan dana Rp9 miliar saat ini sudah ada dana Rp7,2 miliar, masih membutuhkan dana Rp1,8 miliar. Insya Allah sebelum 30 Juni sebagai batas waktu terakhir sudah terkumpul semua,” kata Dodi yang juga Mustasyar PW NU Sumsel.

Lihat Juga  Dampak Pandemi Covid-19 Mahasiswa Muba di Sudan Dapat Bantuan Dana

Dodi Reza Alex sebelum berkecimpung di dunia politik pernah menjalani pendidikan strata satu (S-1) di Belgia dan S-2 di University Libre De Brussel di Belgia mengaku, warga Indonesia di Belgia sudah sejak lama membutuhkan masjid. “Saya merasakan sendiri kebutuhan masjid untuk tempat beribadah dan berkumpul saat tinggal di sana,” ujarnya.

Sementara itu Duta Besar Indonesia untuk Belgia Andri Hadi mengapresiasi inisiasi dan gerakan Bupati Dodi Reza menggalang dana wakaf untuk mewujudkan sebuah masjid di Belgia. “Semoga nantinya dapat terealisasi dengan baik demi kebutuhan dan kebaikan umat muslim asal Indonesia di Belgia,” katanya.

Penggalangan dana wakaf pembelian bangunan untuk pendirian sebuah masjid di Belgia tersebut telah mendapat dukungan dari berbagai komunitas muslim di Indonesia.

Lihat Juga  Inilah Doa Mohon Pertolongan Kepada Allah

Sebelumnya Ketua Umum PB NU mengajak Nahdliyin di seluruh dunia untuk menyalurkan donasi membiayai pembelian bangunan yang akan dijadikan sebagai masjid pertama Indonesia di Belgia. “Mari memberikan kontribusi terbaik untuk pembangunan masjid di Belgia,” kata Ketua Umum PB NU KH Said Aqil Siradj.

Penggalangan dana wakaf juga dilakukan komponis Addie MS melalui akun Twitter @addiems, mengajak netizen untuk mewujudkan rencana pendirian masjid di Belgia tersebut. “Ayo, bersama membeli bangunan MASJID INDONESIA PERTAMA di pusat Eropa, di Belgia! Cukup berwakaf Rp.50.000,- per org,” tulis Addie.

Bagi yang ingin berwakaf kirimkan melalui rekening LAZISNU Bank BNI 863842139 a/n PP LAZISNU dan LAZISMU BSI (Ex BNI Syariah)  0091539433 atas nama LAZIS Muhammadiyah. Atau ke Nusantara Cultural Center (Belgium) IBAN Account BE27 0689 0942 3792  –  BIC : GKCC 88 Owner : Nusantara Cultural Center – ASBL dengan Message : Donation for Cultural Building from.

Editor : Maspril Aries

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button