LifeStyle

Bupati Dodi Jadi Aktor Film Dokumenter “Replanting” Sawit

EkbisNews.com, Sekayu – Sukses peremajaan atau replanting tanaman kelapa sawit rakyat pengolahan kelapa sawit di Musi Banyuasin (Muba) mencuri perhatian Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDP-KS) yang tengah mempersiapkan sebuah film dokumenter yang akan diputar pada Dubai Expo di Uni Emirat Arab (UEA) pada 1 Oktober 2021 – 31 Maret 2022.

Film dokumenter yang mengangkat tentang keberhasilan realisasi hulu- hilir sawit rakyat tersebut kini tengah melakukan pengambilan gambar di Kecamatan Sungai Lilin, Kabupaten Muba. Film dokumenter yang akan melibatkan petani sawit tersebut akan menampilkan adegan yang melibatkan Presiden Joko Widodo dan Bupati Muba Dodi Reza Alex.

Sabtu (5/6) pengambilan gambar untuk film dokumenter tersebut berlangsung di Muba dengan melibatkan Bupati Dodi Reza Alex sebagai salah seorang aktornya bersama Pelaksana tugas Kepala Divisi Pemungutan Biaya dan Iuran CPO Direktorat Jendral Perbendaharaan Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit Kementerian Keuangan Republik Indonesia Fajril Amirul.

Lihat Juga  Live - Bupati Dodi Reza Alex Hari Ini Sidang Promosi Doktor

Pengambilan gambar dengan lokasi di areal kebun kelapa sawit milik rakyat KUD Mukti Jaya Desa Panca Tunggal (C5) Kecamatan Sungai Lilin juga melibatkan Ketua KUD Mukti Jaya Bambang Gianto.

Sebelum pembuatan film dokumenter yang mempromosikan kesuksesan replanting kelapa sawit di Kabupaten Muba tersebut, Tim Hannover BPDP-KS bertemu Bupati Dodi Reza Alex Noerdin. Tim leader Hannover BPDP-KS Vinka Agustinari menjelaskan, film dokumenter tersebut akan menampilkan kepedulian dan keberhasilan Presiden Joko Widodo dan Bupati Muba Dodi Reza Alex dalam implementasi pemberdayaan serta inovasi yang berkelanjutan terhadap perkebunan kelapa sawit milik petani rakyat.

“Selain Presiden RI Joko Widodo yang menjadi talent pada video dokumenter ada juga Bupati Muba Dodi Reza Alex. Kami memilih Bupati Muba karena daerah ini sudah terbukti keberhasilan realisasi hulu hingga hilir kelapa sawitnya,” kata Vinka Agustinari.

Menurut Vinka, film dokumenter tersebut akan ditayangkan pada rangkaian Dubai Expo. “Untuk scene Bupati Muba, tim produksi akan menelusuri spot spot pemberdayaan petani kelapa sawit di Muba serta pengolahan kelapa sawit menjadi bensin yang sudah dilaksanakan di Muba,” ujarnya.

Lihat Juga  Pemkab Musi Banyuasin Promosikan Ikan Salai Sekayu

Pada film dokumenter produksi BPDP-KS tersebut tidak hanya keberhasilan hulu hingga hilir dari kelapa sawit yang akan ditampilkan, juga akan ditampilkan usaha Bupati Dodi Reza yang mengkampanyekan kualitas kelapa sawit Indonesia di mata dunia.

“Kegetolan Pak Dodi dalam mengkampanyekan sawit Indonesia yang sustanaible ke beberapa negara di dunia ini membuat tim kami menjadi lebih takjub atas kerja nyatanya untuk meningkatkan kesejahteraan petani sawit rakyat,” kata Vinka.

Film dokumenter tentang kelapa sawit tersebut akan diputar di Paviliun Indonesia pada Dubai Expo 2020. Pada World Expo yang akan digelar di sebuah tempat seluas 438 hektare, Paviliun Indonesia akan mempromosikan dua produk utama yaitu mobil listrik dan minyak kelapa sawit (crude palm oil/CPO).

Editor : Maspril Aries

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button