Bisnis

PTBA Siapkan Rp 81.2 T untuk 2 Proyek Hilirisasi

EkbisNews.com – PT Bukit Asam Tbk (PTBA) tengah berupaya untuk melakukan hilirisasi produk batubaranya di tahun 2019. Direktur Utama PT Bukit Asam Tbk Arviyan Arifin menjelaskan ada dua proyek hilirisasi yang tengah dikelola PTBA yakni proyek gasifikasi di tambang Peranap dan tambang Tanjung Enim.

Perusahaan tambang ini masih menghitung soal nilai investasi dari kedua proyek tersebut dan totalnya diperkirakan mencapai US$ 5,8 miliar atau setara Rp 81,2 triliun. Ia berharap para investor dalam proyek tersebut juga bisa ikut mendanai.

“Belanja modal investasi itu masih dalam kajian yang lebih detail. Tapi perkiraan untuk tambang Peranap US$ 2,7 miliar, lalu yang Tanjung Enim US$ 3,1 miliar. Di Tanjung Enim lebih mahal karena produknya lebih variatif,” terang Arviyan dalam jumpa pers di Fairmont Hotel, Jakarta, Senin, 11 Maret 2019 sebagaimana dikutip  dari laman maklumatnews.com,(11/3/2019)

Lihat Juga  Atlet Drum Band Muara Enim Rebut Empat Emas Porprov XIII Sumsel

Adapun untuk proyek gasifikasi di Tanjung Enim bertujuan untuk mengubah produk batubara menjadi syngas sebagai feedstock untuk jadi pupuk urea. Lalu batubara juga bisa diubah menjadi polypropylene dan Dimethyl ether (DME), yang bisa dipakai sebagai substitusi elpiji.

Sementara untuk proyek hilirisasi tambang di Peranap, PTBA akan memproduksi batubara berkalori rendah dan mengolahnya menjadi DME. Untuk proyek tersebut, PTBA bekerjasama dengan Pertamina selaku offtaker DME dan Air-Products sebagai pemilik teknologi gasifikasi batubara.

Lihat Juga  Herman Deru Minta BSB Lebih Berani Bersaing

Kerjasama itu ditandai dengan penandatangan nota kesepahaman yang dilakukan di Allentown, Amerika Serikat pada 7 November 2018. Kemudian pada 16 Januari 2019 dilanjutkan dengan penandatanganan kerangka kerjasama pendirian Joint Venture Company. Proyek itu ditargetkan akan selesai dan mulai berproduksi pada 2023 dengan konsumsi batubara sebesar 9,2 juta ton per tahun.(*)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button