NASIONAL

BNPB Dukung Pembangunan Sodetan Antisipasi Karhutla di Muba

EkbisNews.com, Jakarta – Mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Musi Banyuasin (Muba) Bupati Muba Dodi Reza Alex melakukan berbagai upaya agar karhutla tidak berulang. Salah satu upaya yang direncanakan adalah dengan membangun sodetan atau kanal penampung air dari beberapa sungai yang ada di daerah itu.

Dalam siaran pers Humas Pemerintah Kabupaten Muba, salah satu upaya tersebut adalah membangun sodetan atau kanal penampung air di Sungai Perjudian, Sungai Muara Merang, Sungai Medak yang berada di Kecamatan Bayung Lencir.

Foto : Dinas KOminfo Muba

Untuk merealisasikan rencana pembangunan sodetan tersebut Bupati Dodi Reza Alex, Rabu (19/2) mendatangi kantor Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Bersama Kepala Badan Penanggulanan Bencana Daerah (BPBD) Sumatera Selatan Iriansyah, Bupati Muba diterima Sekretaris Utama BNPB Harmensyah.

Pada pertemuan yang berlangsung di ruang audiensi Sekretaris Utama BNPB, Bupati Muba Dodi Reza ALex memaparkan rencana pembangunan sodetan untuk mengantisipasi jika terjadi karhutla di Muba. “Pembangunan sodetan perlu segera dilakukan karena memiliki dampak besar dalam mengatasi pencegahan karhutla di kabupaten Muba,” atanya.

Lihat Juga  Jonan Sebut Milenial Tak Terpikat untuk Bergelut di Industri Tambang dan Migas

Menurut Dodi, kawasan Kecamatan Bayung Lencir ini menjadi perhatian Pemkab Muba karena ini berdasarkan pengalaman karhutla yang terjadi tahun lalu. “Dengan terbangunnya sodetan ini, akses jalan dapat lebih terbuka dan diharapkan dapat meningkatkan sosial ekonomi masyarakat setempat,” ujarnya.

Bupati Muba menegaskan, “Kami tidak akan menunggu musim kemarau tiba, kami akan segera mulailahnya dari sekarang, seperti membangun kanal dan kesiapan sarana dan prasarana yang pasti menjadi prioritas utamanya mengingat sebagian besar kawasan tersebut merupakan lahan gambut.”

Sekretaris Utama BNPB Harmensyah menyambut baik rencana Bupati Muba tersebut dan BNPB akan mendukung dengan maksimal pembangunan sodetan atau kanal tersebut.

Lihat Juga  Bantuan Hukum Islam Gratis di Muba Gandeng APSI

“Karena sudah ditetapkan status siaga daruratnya, kita mulai membuat saluran. Pertama water intake untuk pengambilan air dan kita siapkan juga sekat kanalnya. Selanjutnya kita siapkan pelimpahannya sehingga airnya bisa membasahi lahan gambut. Konsep ini, tentu akan di-support dengan maksimal,” ujarnya.

Menurutnya keberadaan sodetan juga akan menjadi tempat pembudidayaan ikan dengan memanfaatkan penampungan air di sodetan tersebut. “Fungsinya tidak hanya untuk mencegah karhutla di lahan gambut dengan adanya sodetan tersebut juga upaya pengembangan sosial ekonomi, pertanian, perikanan di saluran atau sodetan itu.”

Harmensyah mengharapkan, sodetan atau kanal tersebut tidak hanya sebagai pencegah karhutla tapi dapat juga menjadi objek wisata di Muba.

Editor : Maspril Aries

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button