NASIONAL

Bangun Desa dengan Kreatif Muba Diganjar Juara III Nasional

EkbisNews.com, Jakarta — Inovasi, kreativitas dan prestasi tiada henti diraih Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) dengan kepemimpinan Bupati Dodi Reza Alex Noerdin. Pada 2019, Muba kembali meraih prestasi dari nasional dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT).

Kementerian Pedesaan PDTT menetapkan Kabupaten Muba sebagai juara III Tata Kelola Program Inovasi Desa Tahun 2019. Dalam siaran pers, Kamis (4/7), piagam dan tropi juara III diserahkan langsung Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Indonesia Eko Putro Sandjojo kepada Kepala Dinas PMD Muba Richard Cahyadi di Jakarta.

Menurut Kepala Dinas PMD Richard Cahyadi, ada beberapa komponen penilaian yang dilakukan dalam rangkaian Tata Kelola Program Inovasi Desa Tahun 2019 dari Kemendesa-PDTT. “Diantaranya, pelaporan keuangan desa, gebrakan inovasi desa, serta koordinasi antar pendamping dan pemanfaatan alokasi dana desa yang tepat. Semua komponen tersebut alhamdulillah setiap desa di Muba memenuhinya,” katanya.

Lihat Juga  Presiden Resmikan Mesin ADM, Mendagri Siap Luncurkan di Muba

Richard juga menjelaskan, di bawah kepemimpinan Bupati Dodi Reza Alex, potensi kekayaan sumber daya alam yang diimbangi dengan kreatifitas sumber daya manusia di Muba terus membuahkan hasil positif.

“Kali ini kerja keras dan upaya Tim Inovasi Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) berhasil mendapatkan juara III Tata Kelola Program Inovasi Desa Tahun 2019 dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Indonesia (Kemendesa-PDTT),” ujarnya.

“Di Muba saat ini,” kata Richard Cahyadi, “Pembangunan inovasi dan kreatifitas di setiap desa sangat sejalan dengan program kerja serta misi dari Bupati Muba Dodi Reza Alex Noerdin. Inovasi dan terobosan desa-desa di Muba sudah banyak dilakukan dan berjalan sangat maksimal. Misalnya saja kreatifitas membangun wahana hiburan masyarakat Embung Senja di Babat Supat.”
Inovasi lainnya di Muba adalah terwujudnya pengelolaan BumDes Mart Sidorejo di Keluang yang mampu meraup omzet mencapai Rp209 juta per-bulan. “Target Bupati Dodi Reza akan mewujudkan inovasi-inovasi desa yang ada di Muba menjadi etalase nasional dalam pengembangan inovasi desa yang menjadi bagian peningkatan kesejahteraan warga pedesaan di Muba,” kata Richard.

Lihat Juga  Dinas Kominfo Sumbang PAD Muba Rp624.750.231

Sementara itu Bupati Muba Dodi Reza Alex Noerdin mengucapkan selamat kepada tim inovasi desa Musi Banyuasin atas peraihan juara III dalam Tata Kelola Program Inovasi Desa Tahun 2019 dari Kemendesa-PDTT.

Editor : Maspril Aries

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button