LifeStyle

Ayo Minum Teh Rosella Produksi SIBA PTBA

EkbisNews.com, Palembang – Sudah pernahkah minum teh Rosella? Ingin mencobanya silahkan minum Teh Rosella yang diproduksi Sentra Industri Bukit Asam (SIBA) PT Bukit Asam Tbk (PTBA).

Melalui program Corporate Social Responsobility (CSR) PTBA kini teh Rosella dapat diperoleh dalam produk kemasan seperti layaknya teh beberapa merek yang sudah lebih dulu dikenal masyarakat.

“Produk SIBA Rosella pada 24 – 25 Oktober lalu hadir dan ikut pada Festival Rempah-Rempah 2020. Produk yang dipamerkan dan dipasarkan beberapa jenis produk dari bahan Rosella seperti Cake Red Velvet, Rosella Float, Pie Rosella, Coklat Rosella, Rosella Lemon, dan Rosella Herbal,” kata Manajer Humas, Komunikasi, dan Administrasi Korporat PTBA Iko Gusman, Senin (26/10).

Menurut Iko Gusman, SIBA PTBA mendapaat kepercayaan Pemerintah Kabupaten Muara Enim untuk ikut serta Festival Rempah – Rempah tingkat Sumsel tahun 2020 mewakili Muara Eni,. “Kami mengucapkan terima kasih  dengan telah diberi kepercayaan oleh Pemerintah Kabupaten Muara Enim memilih SIBA Rosella tampil di Festival Rempah – Rempah 2020,” ujarnya.

Pada festival yang dibuka Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Herman Deru, SIBA PTBA memperkenalkan berbagai jenis produk SIBA Rosella yang sudah menjangkau pasar keluar Sumsel, diantaranya Lampung, Jambi, Padang dan menyebrang ke Pulau Jawa sampai ke Bandung dan Yogjakarta. “Ke luar negeri diantaranya dipasarkan ke Singapora, India, Malaysia, Jepang sampai ke Mesir,” kata Iko Gusman.

“SIBA Rosella sendiri terbentuk Januari 2018, dan mulai berkembang sejak Januari 2020 dengan anggota berjumlah 25 orang. Saat ini SIBA Rosella memiliki 3 section, antara lain pembibitan, produksi, serta pemasaran. Kini SIBA Rosella sudah mampu memproduksi lebih dari 7000 kotak teh, 4500 pouch teh, dan 3500 botol,” ujar Manajer Humas, Komunikasi, dan Administrasi Korporat PTBA.

Lihat Juga  Guru-Guru Muara Enam Belajar Matematika dalam Gernas Tastaka

Apa itu Rosella?

Ciri lain dari tanaman keluarga sejenis kembang sepatu tersebut memiliki panjang daun 6-15 cm dan lebarnya 5-8 cm. Tangkai daun bulat berwarna hijau, dan akar yang menopang adalah akar tunggang.

Rosella teramsuk jenis tanaman perdu yang disebut berasal dari Afrika dan Timur Tengah. Jika sudah dewasa, tanaman ini akan mengeluarkan bunga berwarna merah. Bagian bunga dan biji inilah yang disebut bermanfaat baik untuk kesehatan.

Rosella di Indonesia sudah dikenal sejak tahun 1992 sebagai tanaman hias yang tumbuh kurang mendapat sentuhan atau perawatan dari tuannya. Nama Rosella jelas kalah populer dibandingkan dengan tanaman bunga “janda bolong” atau Monstera Adansonii.

Sebagian besar masyarakat masih sangat awal dengan nama tanaman Rosella. Namun pada komunitas pencinta tanaman obat, Rosella dikenal sebagai salah satu jenis tanaman yang memiliki banyak khasiat. Kini Rosella sudah populer. Rosella sudah banyak ditanam, dikembang biakan dan khasiatnya yang bermanfaat bagi manusia.

Berbagai produk herbal dan makanan dari bahan tanaman Rosella kini sudah bisa diperoleh di pasar swalayan. Ada bahan minuman dari Rosella yang berbentuk seperti teh celup seperti yang diproduksi SIBA PTBA.

Lihat Juga  Bukit Asam Ganti Empat Komisaris dan Satu Direktur

Di beberapa negara seperti Mexico, Thailand dan California bagian Selatan,  kelopak Rosella kering yang dimanfaatkan dengan cara diseduh seperti teh sangat populer dengan sebutan Jamaica, atau aqua de Jamaica. Di negara-negara Afrika seperti Senegal teh Rosella dikenal dengan nama jus de bissap. Di Gambi masyarakatnya menyebut,  wanjo, zobo, atau tsobo.

Jika anda ke Turki, di negeri Erdogan ini akan disuguhi minuman dari kelopak Rosella kering yang disajikan dalam bentuk teh disebut Karkade (dibaca “kar-kahday”). Karkade sendiri konon merupakan cara bangsa Arab menyebut teh manis.

Di Mesir sudah sejak lama teh Rosella menjadi minuman kaum bangsawan Mesir kuno, kemudian di Sudan dijadikan semacam ritual toast pada perayaan pesta pernikahan.

Tak hanya teh, bunga Rosella juga dapat dijadikan bahan baku selai, warnanya yang merah menyala, menghasilkan selai yang menyehatkan dan berwarna cantik.  Di Jambi ada dijual dodol Rosella, yang diolah dari kelopak bunga Rosella sebagai produk inovasi baru dalam agroindustri.

Para ahli herbal juga menyebutkan bahwa tanaman Rosella bermanfaat sebagai antioksidan. Salah satu senyawa yang berperan sebagai penangkal radikal bebas yang terkandung dalam Rosella (Hibiscus sabdariffa L.) adalah kandungan senyawa fenolik.

Jika ingin merasakan anek produk dari tanaman Rosella silahkan menghubungi SIBA PTBA Tbk yang ada di Tanjung Enim, Kabupaten Muara Enim.

Editor : Maspril Aries

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button