NASIONAL

Antisipasi Dampak Covid-19 Stok Pangan Muba Aman

EkbisNews.com, Sekayu – Bupati Musi Banyuasin (Muba) Dodi Reza Alex memimpin langsung langkah antisipasi dampak dari wabah Covid-19 di daerahnya. Pemkab Muba telah menyiapkan sejumlah skema stimulus untuk menjaga roda ekonomi masyarakat agar tetap berjalan.

Dalam siaran pers Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Muba, Bupati Muba Dodi Reza Alex pada pembukaan Musrenbang RKPD Kabupaten Muba tahun 2021, Senin (30/3) di auditorium Pemkab Muba menyampaikan rencana penyusunan kembali APBD 2020.

FOTO : Dinas Kominfo Muba

“Kita susun ulang APBD 2020 maupun perubahan nantinya untuk memperkuat ketahanan ekonomi pada masyarakat, seperti memperkuat bantuan bantuan sosial kepada masyarakat, baik tunai maupun non tunai sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku yang sudah dikeluarkan oleh Kementerian Dalam Negeri,” kata Dodi Reza Alex.

Lihat Juga  Dodi Reza Alex Akhiri Jabatan Ketua MES Sumsel

Berkaitan dengan Covid-19, Bupati Muba Dodi meminta kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah di Kabupaten Muba segera melaksanakan real anggaran 2020 dan repetisi untuk mempersiapkan bantuan sosial bagi masyarakat yang terdampak. “Jaring pengaman sosial bagi masyarakat khususnya masyarakat miskin di Muba sudah menjadi tema untuk tahun 2021,” ujarnya.

Mengantisipasi dampak Covid-19 menurut Bupati Dodi Reza Alex, Pemkab Muba akan memberikan bantuan kebutuhan dasar seperti sembako kepada masyarakat Muba.

“Kita belum tahu sampai kapan keadaan bisa kembali normal dan harga sembako pasti akan mengalami inflasi dengan terhentinya kegiatan ekonomi distribusi dan logistik. Apalagi akan menghadapi bulan suci Ramadhan. Oleh karena itu, kita siap untuk memberikan bantuan pangan, bantuan sembako kepada masyarakat warga Musi Banyuasin untuk beberapa bulan ke depan, karena kita belum tahu seberapa besar ini akan memperlambat pertumbuhan ekonomi Indonesia,” ujarnya.

Lihat Juga  Bupati Muba Salurkan Bantuan Sosial Rp21,7 Miliar kepada 1.146 KK

Dalam mengantisipasi penyebaran virus Covid-19, Bupati Dodi Reza Alex juga mengingatkan, “Kita harus waspada walaupun masih ada ruang untuk merawat tetapi kalau terjadi lonjakan kasus ataupun kiriman pasien dari kabupaten atau kota yang lain bagaimanapun kita harus menerima.”

Bupati Muba meminta Kepala Dinas Kesehatan, dan Rumah Sakit Umum Daerah Sekayu persiapan, jika perlu selain wisma atlet, gedung gedung lainya yang bisa kita persiapkan dari sekarang semuanya harus persiapkan dengan sarana prasarana yang memadai, selanjutnya tenaga medis kita yang memang harus siap,”ungkapnya.

Editor : Maspril Aries

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button