Energi

Ada Migas Corner SKK Migas di Surakarta, Presiden Berkunjung ke sana

Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto menjelaskan kepada Presiden Joko Widodo tentang Migas Corner.

EkbisNews.com, Surakarta – SKK Migas mendirikan Migas Corner di Solo Technopark (STP) Surakarta. Migas Corner merupakan tempat pelatihan bagi pekerja industri hulu migas mendapat kunjungan dan apresiasi dari Presiden Joko Widodo.

Kedatangan Presiden disambut langsung Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto, Deputi Dukungan Bisnis Rudi Satwiko, Kepala Perwakilan SKK Migas Jabanusa Nurwahidi dan Kepala Divisi SDM, Hudi Suryodipuro.

Kehadiran Presiden Joko Widodo tersebut dalam rangkaian kunjungan kerja ke Surakarta menghadiri Sidang Terbuka Senat Akademik Dies Natalis ke-46 Universitas Sebelas Maret (UNS) yang digelar di UNS Tower Ki Hadjar Dewantara, Jumat (11/3), Presiden berkesempatan mengunjungi Migas Corner di Solo Technopark (STP) Surakarta.

Dalam keterangan pers SKK migas, Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto menjelaskan kepada Presiden tentang rencana-rencana dan kontribusi Migas Corner ke depan.

Presiden Joko Widodo mengapresiasi berdirinya Migas Corner di Solo Techno Park sebagai tempat pembelajaran bagi pekerja di Industri Hulu Migas.

Presiden, menurut Dwi Soetjipto mengaku mengapresiasi bahwa apa yang telah dikerjakan dan betul-betul nyata, baik dalam bentuk pengembangan dan peningkatan skill dan knowledge.

Mengutip Presiden, Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto menjelaskan bahwa Presiden Joko Widodo juga mendukung kolaborasi antara Solo Techno Park dan institusi lain  untuk bisa berkontribusi dengan yang terkait  kegiatan hulu migas. Karena diharapkan kegiatan hulu migas akan terus tumbuh dimasa mendatang.

“Sinergi dan kolaborasi akan meningkatkan kapasitas nasional yang menjadi salah satu dampak positif dari keberadaan industri hulu migas . Keberpihakan industri hulu migas salah satunya diwujudkan dengan terus meningkatkan kemampuan tingkat komponen dalam negeri,” kata Dwi.

“Karena kita tahu STP memiliki sarana-sarana yang telah dimiliki, seperti under water welder dan bengkel-bengkel lain yang bisa dimanfaatkan untuk pengembanan SDM hulu migas,” ujar Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto.

Pada kesempatan yang sama Kepala SKK Migas Dwi Soetjoto meresmikan Migas Corner Techno Park dan Penandatanganan Perjanjian Pertamina Hulu Energi dengan STP untuk pelatihan dan Pembelajaran SDM.

Sementara itu menurut Kepala Perwakilan SKK Migas  Jabanusa Nurwahidi,  ada tiga pengembangan program industri hulu migas yaitu Migas Corner, Oil and Gas skill centre dan Eduwisata migas yang tentunya bermanfaat bagi siswa sekolah, mahasiswa, pekerja dan masyarakat umum.

“Untuk pengembangan juga akan dibangun Mini LNG Plant guna melengkapi fasilitas  agar informasi yang disampaikan lebih komprehensif dan mencerminkan suatu operasional industri hulu migas,” kata Nurwahidi.

Walikota Surakarta yang diwakili oleh Kepala Balitbangda Kota Surakarta, Agung Riyadi  mengatakan, “Pemerintah kota menyambut baik pendirian Migas Corner yang nantinya akan berkontribusi di industri hulu migas dan bisa dimanfaatkan oleh perusahaan-perusahaan di sektor minyak dan gas bumi. Diharapkan akan menambah semangat kita untuk dapat meningkatkan kinerja kita dari apa yang telah kita kerjakan selama ini.”

Editor : Maspril Aries

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button