NASIONAL

Ada Klinik Outdoor di RSUD Sekayu untuk Pasien Covid-19

EkbisNews.com, Sekayu – RSUD Sekayu menyediakan klinik outdoor untuk penanganan pasien Covid-19. Bupati Musi Banyuasin (Muba) Dodi Reza Alex, Selasa (9/6) meresmikan fasilitas klinik isolasi outdoor khusus pasien Covid-19 tersebut.

Dalam siaran pers Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Muba menyebutkan, fasilitas isolasi outdoor RSUD Sekayu merupakan inisiasi Bupati Dodi Reza Alex untuk memberikan kenyamanan pasien Covid-19 di Muba yang tengah menjalani perawatan intensif di rumah sakit agar tidak stres bisa pulih dengan cepat. Sebelumnya, RSUD Sekayu telah memfasilitasi perpustakaan online sebagai bahan bacaan bagi pasien Covid-19.

Bupati Muba Dodi Reza Alex usai peresmian meninjau langsung fasilitas yang ada di klinik outdoor seperti ayunan gantung hingga tenda camping yang membuat pasien dengan suasana seperti liburan di alam terbuka, berada di bawah pohonan rindang.

“Rumah Sakit Umum Daerah Sekayu untuk pertama kalinya menyediakan ruang isolasi outdoor dengan fasilitas seperti perkemahan, fasilitas api unggun, free wi-fi bagi yang menginap selama dirawat ataupun mengikuti isolasi,” kata Dodi Reza Alex.

Lihat Juga  35 Tenaga Kesehatan RS Bukit Asam Medika Mendapat Vaksin Covid-19

Klinik tersebut meskipun outdoor menurut Bupati Muba, tetap diawasi selama 24 secara ketat oleh tim medis. Tenda yang ada dilengkapi dengan peralatan monitor kesehatan berikut obat-obatan jika ada hal hal yang tidak terduga.

“Jadi tujuan semua ini untuk memberi efek positif psikologis terhadap penderita Covid-19 yang selama ini kita tahu bahwa mereka kadang-kadang merasa tertekan secara psikologi,” ujar Bupati Muba.

Keberadaab klinik outdoor RSUD Sekayu tersebut juga untuk menepis pernyataan yang mengatakan, pasien Covid-19 harus dijauhi oleh masyarakat. “Ini tentu memperlambat proses penyembuhan jika terus dibiarkan. Ini terapi holistik yang merupakan terapi tambahan diyakini akan memberikan efek psikologis yang baik terhadap pasien, sehingga pasien bisa sembuh lebih cepat tanpa harus mengalami perasaan yang tertekan secara psikologis,” kata Bupati peraih gelar doktor dari Fisip Universitas Padjadjaran.

Lihat Juga  Cemilan Sehat dari Lahan Gambut Muba Masuk Istana Wapres

Sementara itu Direktur RSUD Sekayu Makson Parulian Purba menjelaskan, fasilitas terbaru di RSUD Sekayu dikhususkan bagi pasien Covid-19. “Konsep humanis dan outdoor membuat pasien serasa sedang liburan di alam terbuka, tujuannya buat pasien tidak jenuh dan ini juga terapi bagi pasien Covid-19 supaya tidak stres saat mendapatkan penanganan di tempat isolasi” katanya.

Menurut Makson, lokasi klinik isolasi outdoor tersebut berada jauh dari jangkauan publik dan pengunjung rumah sakit sehingga aktifitas pasien Covid-19 di outdoor benar-benar tidak bersentuhan dengan masyarakat. “Lokasinya jauh dari publik dan pasien juga diawasi 24 jam oleh tenaga medis dengan tetap mematuhi protokol kesehatan,” ujarnya.

Seorang PDP Covid-19 di RSUD Sekayu mengaku sangat senang dengan pelayanan serta perawatan di RSUD Sekayu. “Saya bersama pasien covid-19 lainnya di RSUD Sekayu mendapatkan pelayanan dan perawatan yang maksimal,” katanya.

Editor : Maspril Aries

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button