NASIONAL

18 Wartawan Ikut UKW Tingkat Muda dan Madya PWI Sumsel

EkbisNews.com, Palembang — Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) kembali menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW). UKW kali ini merupakan yang ke-32 dengan peserta wartawan untuk jenjang muda dan madya.

Penyelenggaraan UKW yang berlangsung 20 – 21 Oktober 2020 PWI Sumsel bekerja sama dengan SKK Migas Sumatera bagian Selatan (Sumbagsel) yang didukung KKKS diantaranya, Pertamina EP, ConocoPhillips, Tiara Bumi, SRMD, Medco Energi, Talisman, Tropic Energi dan Forum Jurnalis Migas (FJM).

“UKW angkatan ke 32 diikuti 18 wartawan untuk tingkat muda dan madya. Pelaksanaan UKW ini sama seperti UKW angkatan ke 31 dalam situasi pandemi Covid-19 dengan menerapkan protokol kesehatan. Peserta sebelum mengikuti UKW harus menjalani lebih dulu rapid test,” kata Ketua PWI Sumsel Firdaus Komar pada pembukaan UKW yang dihadiri Ketua Bidang Pembelaan Wartawan PWI Pusat Oktaf Riyadi mewakil Ketua PWI Pusat Atal S Depari.

Lihat Juga  Belanja Alutsisa, Indonesia Terkecil di Asia Tenggara

Menurut Firdaus Komar, walau tengah pandemi Covid-19, PWI Sumsel terus melaksanakan UKW karena imbauan Dewan Pers. “Untuk membuktikan seorang wartawan kompeten adalah melalui ujian dulu,” ujarnya.

Ketua PWI Sumsel mengharapkan peserta bisa mengikuti rangkaian proses UKW dengan baik. Melalui UKW para peserta bisa menjadi wartawan yang profesional. “Apalagi dalam masa pandemi saa ini wartawan berperan sangat besar untuk mensosialisasikan pencegahan Covid-19.”

Sementara itu Oktaf Riyadi mengapresiasi langkah PWI Sumsel yang telah melakukan pelaksanaan UKW yang sampai angkatan ke 32. “UKW ini sangat penting sekali karena mengukur kualitas kita dan mengukur kemampuan kita, apakah kita betul-betul wartawan atau tidak,” katanya.

Lihat Juga  Alih Kelola Blok Rokan Jangan Lupa Perusahaan dan Tenaga Kerja Lokal

Ketua Bidang Pembelaan Wartawan PWI Pusat mengharapkan, melalui UKW bisa menjadikan para wartawan yang telah menjalani UKW menjadi wartawan yang profesional. “Mulai dari bagaimana menulis berita baik, menyunting berita, membuat rubrik, investigasi dan lain sebagainya,” ujarnya.

Editor : Maspril Aries

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button