NASIONAL

Presiden Jokowi dan Bupati Dodi Reza Berperan dalam Film Dubai Expo

EkbisNews.com, Palembang – Indonesia akan berpartisipasi pada Dubai Expo 2020 yang akan berlangsung di Uni Emirat Arab (UEA) pada 1 Oktober 2021 – 31 Maret 2022. Pada ajang World Expo tersebut, Indonesia akan mempromosikan kelapa sawit dan produk lainnya.

Untuk mendukung promosi di Dubai Expo tersebut Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDP-KS) akan membuat sebuah film dokumenter tentang kelapa sawit Indonesia yang melibatkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Bupati Musi Banyuasin (Muba) Dodi Reza Alex.

Sebelum pembuatan film dokumenter yang juga akan mempromosikan kesuksesan replanting kelapa sawit di Kabupaten Muba tersebut, Tim Hannover BPDP-KS, Sabtu (22/5) bertemu Bupati Dodi Reza Alex Noerdin.

Tim leader Hannover BPDP-KS Vinka Agustinari dalam pertemuan di Kantor Perwakilan Musi Banyuasin di Palembang menjelaskan, film dokumenter tersebut akan menampilkan pedulian dan keberhasilan Presiden Joko Widodo dan Bupati Muba Dodi Reza Alex dalam implementasi pemberdayaan serta inovasi yang berkelanjutan terhadap perkebunan kelapa sawit milik petani rakyat.

“Selain Presiden RI Joko Widodo yang menjadi talent pada video dokumenter ada juga Bupati Muba Dodi Reza Alex. Kami memilih Bupati Muba karena daerah ini sudah terbukti keberhasilan realisasi hulu hingga hilir kelapa sawitnya,” kata Vinka Agustinari.

Lihat Juga  Dodi dan Politik Anggaran

Menurut Vinka, film dokumenter tersebut akan ditayangkan pada rangkaian Dubai Expo. “Untuk scene Bupati Muba, tim produksi akan menelusuri spot-spot pemberdayaan petani kelapa sawit di Muba serta pengolahan kelapa sawit menjadi bensin yang sudah dilaksanakan di Muba,” ujarnya.

Pada film dokumenter produksi BPDP-KS tersebut tidak hanya keberhasilan hulu hingga hilir dari kelapa sawit yang akan ditampilkan, juga akan ditampilkan usaha Bupati Dodi Reza yang mengkampanyekan kualitas kelapa sawit Indonesia di mata dunia.

Kegetolan Pak Dodi dalam mengkampanyekan sawit Indonesia yang sustanaible ke beberapa negara di dunia ini membuat tim kami menjadi lebih takjub atas kerja nyatanya untuk meningkatkan kesejahteraan petani sawit rakyat,” kata Vinka.

Bupati Dodi Reza Alex yang didampingi Kepala Bappeda Iskandar Syahrianto, Kepala Dinas Kominfo Herryandi Sinulingga AP dan Plt Kabag Protokol Rangga Perdana Putera menyambut baik tawaran dari tim BPDP-KS tersebut. “Saya siap, apalagi Muba ini memang nyata terhadap realisasi implementasi hulu hingga hilir pemberdayaan perkebunan kelapa sawit milik rakyat” katanya.

Lihat Juga  21 Atlet Muba Siap Berlaga di PON XX Papua

Menurut Dodi film dokumenter yang akan diputar pada paviliun Indonesia di Dubai Expo tersebut bisa dimaksimalkan sebagai bahan kampanye melawan gerakan dunia luar yang mendeskriditkan kelapa sawit Indonesia.

“Kita terus lawan kampanye buruk terhadap kelapa sawit Indonesia dengan program nyata dan sudah terbukti berdampak positif untuk masyarakat Indonesia khususnya petani rakyat,” kata Bupati Muba yang sudah berkampanye produk sawit Indonesia ke Eropa sampai ke Texas di Amerika Serikat.

Dubai Expo 2020  merupakan World Expo yang akan diselenggarakan di Dubai (Uni Emirat Arab) pada 20 Oktober 2020 – 10 April 2021. Namun karena dunia dilanda pandemi Covid-19 pelaksanaannya diundur menjadi 1 Oktober 2021 – 31 Maret 2022 dengan nama tetap “Dubai Expo 2020.”

Editor : Maspril Aries

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button