Syariah

Pemkab Muba Salurkan Hewan Kurban Idul Adha 30 Ekor Sapi

EkbisNews.com, Sekayu – Pada hari raya Idul Adha 1441 H Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Pemkab Muba) menyalurkan 30 ekor sapi kurban kepada sejumlah masjid, pondok pesantren, panti asuhan, organisasi dan kaum  disabilitas yang tersebar di Kecamatan Sekayu.

Kamis (30/7) secara simbolis Bupati Muba Dodi Reza Alex menyerahkan hewan kurban tersebut di halaman Masjid Raya Baitul Makmur Sekayu. Pada hari raya Idul Adha 2020, Pemkab Muba menyalurkan 30 ekor hewan kurban  yang berasal dari hewan kurban Bupati, Wakil Bupati, Sekretaris Daerah serta OPD (organisasi perangkat dinas) Pemkab Muba disalurkan mulai dari kecamatan dan kelurahan di Sekayu.

Saat menyerahkan hewan kurban tersebut, Bupati Muba Dodi Reza Alex mengatakan, “Meskipun masih di tengah pandemi Covidc-19 jangan sampai menyurutkan semangat kita untuk merayakan Hari Raya Idul Adha. Penyaluran sapi kurban ini merupakan wujud kepedulian Pemerintah Kabupaten Muba kepada masyarakat.”

Lihat Juga  Imam Masjidil Haram, Sayyid Ashim Pimpin Pemakaman Mbah Moen di Jannatul Mala

Bupati Dodi juga mengingatkan, agar tetap terhindar dan tetap mewaspadai Covid-19, saat Hari Raya Idul Adha ada beberapa sistem yang berbeda dari tahun sebelumnya. Mulai dari sistem penyebaran hewan kurban, jangan berkumpul di satu masjid agar tidak terlalu ramai.

“Untuk pelaksanaan Hari Raya Idul Adha sudah di keluarkan surat edaran, yang bisa menjadi panduan saat hari raya, seperti untuk melaksanakan Salat Idhul Adha di masjid, mushalla serta tanah lapang agar tidak menumpuk di satu tempat dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang ada, menjaga jarak membawa perlengkapan solat dari rumah dan memakai masker, khutbah juga di persingkat. Anak-anak dan lansia diimbau untuk tetap beribadah di rumah” ujarnya.

Lihat Juga  Pertamina, PTBA, dan Air Products Bentuk Joint Venture Gasifikasi Batu Bara

Sementara itu Kabag Kesra Muba Opi Pahlopi MA mengingatkan agar warga memilih masjid terdekat untuk melakukan salat hari raya Idul Adha. Untuk proses pemotongan hewan kurban tetap mengedepankan protokol kesehatan. “Akan di usahakan juga untuk proses pembagian hewan kurban yang sudah dipotong itu hanya di lakukan oleh panitia dengan door to door,” katanya.

Salah satu organisasi penerima hewan kurban Persatuan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Kabupaten Muba. Bendahara PPDI Aswandi menyampaikan terima kasih Pemerintah Kabupaten Muba untuk penyaluran hewan kurbannya. “Ini sangatlah berarti bagi kami semua, kami percaya ini sebagai bentuk besarnya rasa kepedulian Pemkab Muba kepada masyarakatnya,” katanya.

Editor : Maspril Aries

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close